Gila! Ilmuwan Ini Buat Capung Cyborg

Telset.id, Jakarta – Dunia robotika saat ini semakin berkembang. Para ilmuwan di berbagai negara berlomba-lomba menciptakan robot yang tak cuma mampu membantu manusia dalam melakukan aktifitasnya, tapi juga mampu “menggantikan” pekerjaan manusia ke depannya.

Namun kali ini, ada robot yang mungkin berhak masuk ke kategori “Next Level” untuk dunia robotika. Kenapa? Karena ada sekelompok ilmuwan yang baru-baru ini berhasil menciptakan capung cyborg yang bisa diterbangkan mirip seperti drone.

[Baca juga: Keren! Keluarga Ini Berhasil Ciptakan Robot ‘Transformer’]

Dilansir dari Geek.com, sekelompok ilmuwan yang dipimpin oleh insinyur di bidang Biomedical, Jesse J. Wheeler itu mengatakan jika capung cyborg yang diberi nama DragonflEye itu diklaim merupakan robot ringan yang sama sekali berbeda daripada robot buatan manusia lainnya.

“DragonflEye adalah jenis kendaraan micro-aerial yang sangat kecil, lebih ringan dan memiliki kemampuan bersembunyi daripada buatan manusia lainnya,” klaim Jesse.

Lantas bagaimana para ilmuwan ini mengubah serangga tersebut menjadi sebuah cyborg? Dijelaskan Jesse, DragonflEye ditopang oleh sel tenaga matahari berukuran kecil yang mampu memasok tenaga yang dibutuhkan sistem apda cyborg tersebut. Sel tenaga matahari itu sendiri ditempatkan tepat di punggung DragonflEye.

[Baca juga: Kacau! Lama Menjomblo, Pria Ini Nikahi Robot Ciptaannya]

Untuk sistem kontrol cyborg tersebut, para peneliti secara genetik memodifikasi capung dan memasukkan sepasang neuron yang peka terhadap cahaya ke dalam saraf serangga. Nah alat yang be rbentuk ransel tersebut nantinya akan mengubah sinyal dari operator (yang mengontrol) menjadi sinyal cahaya yang disalurkan ke neuron dengan ketepatan mencapai sub-milimeter.

Lanjut menurut Jesse, DragonflEye saat ini hanya mampu terbang lurus saja, namun ia menjanjikan bahwa cyborg serangga tersebut akan terus dikembangkan hingga sistem kontrol-nya menjadi lebih baik. Menarik ya? (FHP/HBS)

SourceGeek

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI