Co-Founder Microsoft Bangun Pesawat Terbesar, Buat Apa?

Teleset.id, Jakarta – Microsoft merupakan salah satu perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Namun belakangan ini, Co-founder dari Microsoft Paul Allen dikabarkan tengah membuat pesawat super besar.

Pembuatan pesawat ini sendiri dilaksanakan di sebuah hangar dan dikerjakan oleh Stratolaunch System, perusahaan yang juga merupakan milik Paul. Namun, untuk apa pesawat ini dibuat?

Melansir dari laman Ubergizmo, ternyata pesawat yang disebut Stratolaunch sengaja dibuat oleh Paul untuk mengudara di lapisan orbit bumi untuk meluncurkan sebuah roket ke luar angkasa.

Paul mengatakan bahwa langkah ini sangat diperlukan untuk memangkas biaya pengorbitan roket. Pasalnya, selama ini biaya yang dikeluarkan untuk meluncurkan roket dari permukaan bumi sangatlah mahal.

Sebelum scara resmi diluncurkan pada 2019 mendatang, Paul akan segera melakukan pengetesan pertama dari pesawat yang memiliki sayap sebesar 385 kaki dan memiliki berat 226 ton tersebut.

“Ini adalah langkah penting untuk mempersiapkan pesawat ini untuk melakukan pengujian darat, menguji mesin dan pada akhirnya penerbangan pertama,” tulis Stratolaunch System dalam situsnya.

Saat ini, sudah ada satu perusahaan yang berminat untuk memakai jasa pesawat ini, yakni perusahaan penerbangan luar angkasa swasta Orbital ATK. Mereka bahkan sudah melakukan kontrak pada Oktober tahun lalu. [NC/MS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI