Pengguna 4G Meningkat, XL Axiata Siapkan Ekosistem Pendukung 4.5G

Telset.id, Jakarta – Untuk mengantisipasi terus bertambahnya jumlah pengguna smartphones 4G yang terus meningkat pesat beserta penggunaan data yang semakin banyak dari pelanggan, XL Axiata terus berinovasi di teknologi “Beyond 4G” dengan menerapkan beberapa teknologi 4.5G ready di kota-kota dengan tingkat penetrasi 4G yang tinggi.

Guna memastikan layanan ini memberikan manfaat langsung kepada pelanggan, diperlukan dukungan dari sisi ketersediaan perangkat/smartphones beserta fitur-fitur pendukungnya di pasar Indonesia. Karena itu XL Axiata menggandeng sejumlah produsen dan distributor smartphones menyelenggarakan workshop “Beyond 4G ecosystem development”.

Vice President LTE XL Axiata, Rahmadi Mulyohartono mengatakan, dalam satu tahun terakhir ini, pertumbuhan jumlah pengguna smartphone di XL sangat tinggi, yaitu tumbuh dari hanya 21% menjadi 63% dari total pelanggan XL Axiata saat ini.

 

”Penggunaan layanan data sudah mencapai 3,600 TB per hari dan di prediksi akan tumbuh semakin besar dengan layanan video streaming menjadi layanan yang paling banyak diakses pelanggan yang menggunakan smartphones,” ujar Rahmadi dalam keterangan yang di terima Telset.id di Jakarta, Kamis (18/5/2017)

Sementara itu, Vice President Service Operation Management XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, untuk mengantisipasi pertumbuhan jumlah smartphones yang semakin banyak dengan konsumsi data yang meningkat pesat, XL Axiata terus berupaya meningkatkan kemampuan dan kapasitas jaringan dengan teknologi-teknologi pendukung 4.5G, di antaranya 4×4 MIMO, modulasi tinggi 256 QAM dan Carrier Aggregation (CA) frekuensi LTE 1800 MHz dengan LTE 2100 MHz/900 MHz.

“Penerapan teknologi ini memerlukan dukungan dari sisi smartphones yang mendukung teknologi teknologi 4.5G ini sehingga manfaatnya akan dirasakan oleh pelanggan,” kata Darmayusa.

Rahmadi menambahkan, perlu adanya kerjasama yang erat antara XL Axiata sebagai operator dengan produsen smartphones sehingga akan terbentuk ekosistem yang mendukung layanan teknologi 4.5G.

Teknologi yang dibangun di jaringan bisa disesuaikan dengan teknologi di sisi smartphones sehingga manfaatnya secara nyata bisa dirasakan oleh pelanggan, seperti koneksi yang lebih cepat, dan stabil.

Selain itu, tentu saja agar mampu  melayani jumlah pengguna smartphones yang akan semakin banyak di masa mendatang. Untuk keperluan itu pula XL Axiata membangun 4.5 Xperience Zone di 20 lokasi yang tersebar di Jabotabek, Jabar, Jateng, Jatim, Bali, NTB, Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi yang bisa digunakan untuk pengujian smartphones yang akan dipasarkan di Indonesia oleh para produsen dan distributor smartphones.  (MS)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI