Sukses Jualan Online, Huawei Kembali Rajai Pasar China di Q1 2017

Telset.id, Jakarta – Pemimpin pasar smartphone China Huawei telah merebut kembali posisi puncaknya di pasar domestik di Q1 2017, mengalahkan OPPO dan Vivo yang sebelumnya menyingkirkan Huawei dari posisi nomor 1 di dua kuartal sebelumnya.

Menurut laporan terbaru perusahaan riset firm Canalys, Huawei telah berhasil mengirimkan sekitar 21 juta smartphone di kuartal 1 dari bulan Januari sampai Maret dengan pangsa pasar 18%.

Tidak diragukan lagi, P10 dan P10 Plus merupakan menyumbang proporsi yang baik dari jumlah ini. Di sisi lain, OPPO turun ke posisi kedua meski mengalami pertumbuhan tahunan yang kuat sebesar 55%, dengan 20 juta unit pada Q1 2017. Sedangkan Vivo, berhasil masuk ke posisi 3 teratas di pasar China, menguasai 15% pangsa pasar dengan 17 juta unit yang dikirimkan.

Canalys mencatat fakta bahwa tiga pembuat telepon teratas menyumbang lebih dari 50% pengiriman untuk pertama kalinya pada kuartal ini. Tahun lalu Q1, Huawei memimpin pasar, sementara Vivo berada di urutan kedua dan OPPO keempat, tapi mereka semua menyumbang 42% dari pasar.

Jika Anda bertanya-tanya siapa yang menempati posisi ketiga, Xiaomi melakukannya, namun sejak itu jatuh ke posisi kelima di belakang Apple, dengan hanya lebih dari 9 juta unit di Q1 2017.

Upaya Xiaomi untuk merebut kembali 3 tempat teratas terancam serius karena menghadapi tekanan dari upaya penjualan online Huawei dengan produk Honor, begitu juga OPPO dan Vivo, yang kegiatan pemasarannya telah menarik perhatian dari Xiaomi.

Tidak ada keraguan bahwa rencana apa pun yang dimiliki Xiaomi,  harus mengeksekusinya dengan cepat agar tetap memiliki kemungkinan untuk berhasil mencapai posisi ke-3.

Secara keseluruhan, Canalys memperkirakan bahwa sebanyak 114 juta smartphone dikirim ke China pada kuartal pertama yang berakhir pada 31 Maret 2017. (MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI