Apa Kelebihan Kamera Ganda di Smartphone?

Telset.id, Jakarta – Saat mulai bermunculan smartphone dengan kamera ganda seperti LG G6, Huawei P9 & P10, lalu ada Nubia M2, Coolpad Cool Dual dan mungkin akan semakin banyak lagi. Akan tetapi jika Anda tidak terbiasa dengan teknologi ini, Anda mungkin bertanya-tanya tentang apa itu kamera ganda.

Mari kita mulai dengan pertanyaan yang jelas: apa itu kamera ganda? Pada dasarnya, ini berarti ada dua sensor foto berbeda yang bekerja dengan cara yang berbeda satu sama lain.

Umumnya, sensor utama smartphone bertindak lebih atau kurang seperti kamera biasa. Sedangkan sensor kedua bertujuan untuk menambahkan elemen yang tidak bisa ditangkap dengan sensor pertama, terutama dari segi depth of field. Keduanya melakukan kombinasi gambar secara elektronik sehingga menghasilkan foto yang optimal.

Perlu diingat, setiap produsen smartphone memiliki strategi tersendiri untuk fungsi kamera ganda guna meningkatkan potensi fotografi pada kamera smartphone mereka.

Hal ini bisa dilihat seperti peningkatan pada fitur-fitur kamera berikut ini:

1. Menciptakan Hasil Foto Seperti 3 Dimensi

Salah satu keuntungan dari kamera ganda jelas adalah jumlah perspektif. Contohnya Honor 6X, atau bahkan Huawei Mate 9. Berkat lensa kedua, jarak dianalisis lebih baik dan kita bisa mendapatkan gambar mendekati 3D.

Meski ini menghasilkan foto cantik, sebenarnya bukan fitur utama kamera ganda. Kedalaman analisis depth of field  ini adalah elemen kunci yang memungkinkan efek khusus lainnya dapat dicapai, seperti yang diuraikan di bawah ini.

2. Efek Bokeh

Keunggulan lain dari kamera ganda adalah memungkinkan ketajaman gambar ditingkatkan. Bagian yang paling menariknya adalah berurusan dengan zona yang tidak fokus, efek kabur dapat dicapai melalui lensa kamera Anda.

3. Membuat Hasil Foto Lebih Detail

Seperti pada Huawei P9, Sensor kedua mereka tidak mengambil warna (hanya terlihat hitam dan putih) tapi bisa mengambil detail. Warna kemudian ditambahkan ke gambar akhir dengan menggunakan perangkat lunak.

Singkatnya, jenis teknologi ini memungkinkan Anda mendapatkan foto yang lebih rinci, yang tentu saja berguna bila Anda ingin mengambil foto paling rinci dari subjek Anda.

4. Hasil Maksimal di Kondisi Cahaya Minim

Mengelola pencahayaan sangat penting dalam fotografi dan setiap mimpi buruk fotografer (apakah itu amatir atau tidak) tidak memiliki kondisi pencahayaan yang ideal. Sementara di dunia profesional, seseorang bisa saja menipu untuk mencapai kondisi pencahayaan yang dibutuhkan. Lalu bagaimana yang  fotografer amatir? Pastinya kesulitan saat malam tiba atau jika kondisi pencahayaannya terlalu buruk.

Untungnya, lensa kedua ini ada untuk mereka. Ini menangkap semua detail dan pencahayaan ditambahkan setelahnya. Secara umum, gambar yang dihasilkan tidak selalu ideal tapi lebih baik dari yang bisa mereka tangkap hanya dengan satu sensor.

5. Ketika Zoom Mendapatkan Hasil Optimal

Beberapa perangkat , seperti iPhone 7 Plus , dioptimalkan untuk menawarkan fitur zoom yang sangat baik yang lebih unggul dari zoom digital yang akan Anda temukan di sebagian besar smartphone.

Ini yang ditawarkan juga LG G6 yang memiliki sudut lebar 125 derajat, artinya dapat menangkap rentang yang lebih luas.  Dengan kata lain, sudut lebar ini menambahkan dimensi lain pada gambar, menempatkan gambar utama di latar belakang dengan mengaktifkan fitur zoom. (MS/HBS)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Lokasi Sengketa Krimea, Kashmir dll Tampil di Google Maps

Telset.id, Jakarta - Akhir tahun lalu, Apple dan Google berada di pusaran kontroversi ketika menyerah kepada tuntutan Rusia untuk...

Perhatian! Air Purifier Tidak Bisa Cegah Virus Corona

Telset.id, Jakarta - Wabah virus Corona menyebabkan maraknya penggunaan air purifier. Harapannya, air purifier dapat membuat kualitas udara di dalam...

Sah! Bayar SPP Pakai GoPay Bukan Cuma Candaan Warganet

Telset.id, Jakarta - Ketika mantan bos Gojek, Nadiem Makarim menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Indonesia, warganet mengunggah candaan...

Angkatan Darat AS Manfaatkan Gamers untuk Bikin Robot Militer

Telset.id, Jakarta - Untuk mengembangkan robot militer, Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) pun mempelajari otak para gamers ketika bermain game. Mereka mempelajari...

Dua Profesor Ini Ciptakan Gelang Ultrasonik “Pengacau” Amazon Echo

Telset.id, Jakarta - Speaker pintar macam Amazon Echo memiliki mikrofon yang selalu menyala agar bisa merespon dengan cepat saat diberi...
- Advertisement -
X
X