Facebook akan Sebar Internet via Drone di Wilayah Bencana

pexel.com

Telset.id, Jakarta – Bencana alam kerap terjadi di berbagai wilayah di seluruh dunia. Dalam situasi tersebut, tak jarang konektifitas jaringan komunikasi tidak dapat dipakai karena rusaknya infrastruktur di wilayah bencana.

Melihat hal tersebut, bos Facebook, Mark Zuckerberg tengah mengembangkan dan menguji coba perangkat drone yang disebut sebagai Theter-tenna. Teknologi ini nantinya dapat membantu para korban bencana untuk mengabarkan keadaan mereka kepada sanak keluarga, meskipun jaringan telekomunikasi utama di wilayah tersebut rusak.

“Untuk situasi yang membutuhkan penangan cepat seperti bencana alam, kami akan menggunakan helikopter drone yang dinamakan Theter-tenna untuk membawa jaringan di wilayah yang terkena bencana,” tulis pihak Facebook.

Untuk metode penggunaan ini sendiri, tim Theter-tenna akan mengecek ketersediaan jaringan fiber di lokasi tersebut. Jika jaringan ini tersedia, maka helikopter drone akan dilepas untuk menyebar jaringan internet kepada mereka yang membutuhkan.

‘Ini seperti kami membuat menara jaringan, namun dengan menggunakan Theter-tenna sebagai penyebar jaringan dari beberapa ratus kaki dari tanah,” lanjut mereka.

Namun pihak Facebook mengatakan bahwa proyek ini masih dalam tahap pengembangan dan percobaan. Nampaknya, Facebook masih membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat menjalankan proyek ini secara utuh. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here