Perangkat iOS Terinfeksi Malware? Ini Cara Deteksi dan Mengatasinya

iPhone 8

Telset.id, Jakarta – Bagi fans Apple, pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya Jailbreak bukan? Ya, Jailbreak sendiri merupakan sebuah cara bagi para pemilik perangkat iOS untuk mengakses sistem secara utuh, persis dengan Root di ponsel Android.

Banyak keunggulan yang bisa didapatkan dengan melakukan metode tersebut, seperti dapat memasang aplikasi tertentu hingga dapat dengan mudah mentransfer data dari perangkat iOS ke perangkat lain.

Namun tentunya ada bahaya yang mengintai para pengguna Jailbreak, salah satunya adalah bahaya terinfeksi malware. Eitss, jangan panik dulu, karena kami punya tips untuk mendeteksi dan mengatasi malware pada perangkat iOS seperti yang telah kami himpun dari berbagai sumber berikut ini.

1. Deteksi Perangkat Anda

Secara mudah, ada beberapa cara untuk mendeteksi perangkat iOS yang telah di Jailbreak sudah dihinggapi oleh malware. Yang paling mudah mendeteksinya adalah dengan banyaknya pop-up iklan setiap kali Anda menjelajah menggunakan peramban Safari.

Selain itu, tanda lainnya adalah sering berhenti dengan tiba-tiba aplikasi yang Anda gunakan. Biasanya, jika aplikasi sudah sering berhenti secara tiba-tiba, maka aplikasi tersebut bisa saja sudah terkena malware.

Terakhir, tanda umum perangkat telah terkena malware adalah bengkaknya penggunaan data dari perangkat Anda. Hal ini dikarenakan banyak data yang keluar masuk dari perangkat ke peretas. So, jika penggunaan data di perangkat iOS Anda membengkak, Anda perlu waspada.

2. Penanganan Dini Saat Terinveksi

Perangkat yang sudah mengalami proses Jailbreak tentunya tidak akan mendapatkan pembaharuan sistem operasi yang dikeluarkan oleh Apple secara resmi. Padahal, pembaharuan ini sangat penting untuk memblokir malware masuk lewat celah keamanan.

Namun ada satu cara penanganan yang bisa dilakukan, terutama jika para peretas yang menciptakan malware sudah masuk kedalam peramban Safari Anda.Salah satu cara penanganan dininya adalah dengan menghapus cache Safari.

Caranya adalah dengan masuk ke menu Setting, lalu cari tab Safari. Setelah masuk, scroll kebawah hingga ketemu Clear History and Website Data dan ketuk Clear History Data.

3. Cara Menghilangkan Malware

Jika di sistem operasi Android para penggunanya dapat menghilangkan malware, namun di perangkat iOS hal ini tidak dapat dilakukan. Satu-satunya cara adalah dengan melakukan reset factory setting.

Untuk melakukan hal ini cukup mudah. Namun yang perlu diperhatikan adalah backup seluruh data yang ada di perangkat iOS Anda ke tempat yang aman, seperti ke penyimpanan iCloud atau melalui PC menggunakan iTunes atau aplikasi lainnya.

Setelah itu, Anda hanya tinggal menuju Setting, lalu pilih General. Lalu scroll kebawah hingga Anda menemukan Reset. Setelah memasukkan kata kunci Apple ID, maka secara otomatis perangkat akan kembali ke keadaan awal.

Namun lebih bijak lagi jika Anda mengembalikan perangkat iOS Anda dari status Jailbreak. Kini sudah banyak alat yang bisa digunakan untuk melakukan hal tersebut. [NC/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here