Malware Cenderung Serang Komputer Dibandingkan Smartphone

Telset.id, Jakarta – Kesemrawutan digital (digital clutter) merupakan suatu fenomena yang mengganggu perangkat digital modern dikarenakan semakin meningkatnya resiko terhadap data-data yang tersimpan di smartphone, tablet ataupun komputer. Resiko ini timbul karena buruknya “kerapihan” digital dari para pengguna.

Penelitian terbaru dari Kaspersky Lab mengungkapkan bahwa sikap pengguna terkait perawatan aplikasi dan pemeliharaan perangkat yang menyebabkan data-data sensitif pada komputer dan tablet menjadi sangat rentan terhadap ancaman keamanan.

Penelitian ini menunjukkan bahwa mengontrol konten di perangkat merupakan sebuah tugas yang cenderung dihindari oleh pengguna. Hanya ada setengah dari pengguna yang merevisi konten pada komputer dan tablet mereka secara teratur, tetapi cuma dua dari tiga pengguna (63%) yang melakukan hal ini pada smartphone mereka.

Namun, prilaku ini biasanya dikarenakan smartphone memiliki memori kurang dari komputer dan tablet. Bahkan, 35% dari pengguna telah menghapus aplikasi pada smartphone mereka karena kurangnya penyimpanan, sedangkan hanya 13% dari pengguna pada komputer melakukan hal yang sama.

Seperempat pengguna tidak ingat kapan terakhir kali mereka melakukan uninstall aplikasi di komputer mereka, angka ini turun menjadi 12% untuk smartphone. Hal ini menyebabkan situasi di mana sepertiga dari aplikasi pada komputer pengguna menjadi sia-sia karena tidak pernah digunakan, tetapi tetap berada pada hard disk, memakai banyak ruang dan berpotensi berjalan di latar belakang, sehingga menempatkan data-data sensitif menjadi berisiko.

Semua perangkat kita menyimpan data-data sensitif oleh karenanya harus dilakukan pemeliharaan dengan cara yang sama. Namun, penelitian menunjukkan bahwa pengguna tidak memperlakukan perangkat mereka sama pentingnya. Survei menemukan bahwa 65% dari pengguna melakukan pembaruan aplikasi di smartphone mereka segera setelah diluncurkan, memberikan aplikasi tersebut dengan patch keamanan dan update terbaru.

Sebaliknya, pengguna cenderung lambat dalam memperbarui aplikasi pada tablet dan komputer, masing-masing hanya 42% dan 48% yang memperbarui aplikasi sesegera mungkin.

Akibat dari perilaku ini, pengguna mengambil resiko akan timbulnya berbagai permasalahan yang disebabkan menumpuknya kesemrawutan digital di perangkat – terutama pada komputer mereka. Hasil statistik Kaspersky Lab menunjukkan kepada kita bahwa pengguna lebih sering menghadapi malware pada komputer dibanding perangkat mereka lainnya (28% apabila dibandingkan dengan 17% pada smartphone).

Yang mengkhawatirkan, penelitian menemukan adanya kontradiksi dalam sikap pengguna terhadap perangkat mereka dan ancaman yang mereka hadapi di perangkat tersebut. Menurut survei, meskipun sikap pengguna cukup berisiko dalam mengelola kesemrawutan di komputer serta ancaman yang lebih besar dari infeksi malware pada perangkat ini, tetap saja sebagian besar pengguna masih menganggap komputer menjadi tempat paling aman bagi data-data mereka.

Andrei Mochola, Head of Consumer Business di Kaspersky Lab mengatakan, perangkat digital yang kita gunakan setiap hari menyimpan data-data berharga yang pastinya pengguna tidak ingin jatuh ke tangan yang salah atau kehilangan karena perangkat mengalami crashing atau terinfeksi malware.

“Memerangi kesemrawutan digital mengharuskan pengguna untuk mengambil tindakan seperti mengelola, membersihkan dan memperbarui aplikasi di semua perangkat milik mereka. Perawatan dan pemeliharaan harus menjadi prioritas dalam kehidupan digital Anda, seperti dalam dunia nyata, dalam rangka menghindarkan diri dari aksi kejahatan para hacker,” ungkap Andrei. (MS)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI