Booting Windows 10 Lemot? Begini Cara Atasinya

Telset.id – Anda pengguna Windows 10 pernah merasakan sesuatu yang “aneh” pada laptop atau PC yang digunakan? Ya, sesuatu yang aneh tersebut adalah booting dari OS terbaru Microsoft ini, sehingga terasa lambat dan malah menjadikan PC atau laptop kita menjadi terasa berat.

Jika Anda merasa hal-hal tersebut, ada baiknya Anda perlu membaca trik yang akan Tim Telset.id berikan berikut ini, untuk mengatasi booting Windows 10 yang lemot. So, ikuti ya caranya!

Catatan: Ada dua cara yang akan kami berikan, jadi bisa pilih salah satu atau jalankan kedua cara ini.

Aktifkan Fast Startup

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengaktifkan pengaturan Fast Startup. Berikut caranya:

  • Pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke Control Panel, kemudian pilih Power Option dengan mengubah View By dari Category menjadi Large icons.
  • Jika sudah, pilih Choose what the power buttons do.
  • Langkah selanjutnya adalah tekan pengaturan Change settings that are currently unavailable, kemudian aktifkan Turn on fast startup. Jika sudah, tekan tombol Save changes.

Matikan Aplikasi Startup

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus atau mematikan aplikasi startup yang biasanya aktif saat pertama kali PC atau laptop menyala. Berikut caranya:

  • Pertama yang harus dilakukan adalah klik kanan pada Taskbar, kemudian pilih Task Manager.
  • Selanjutnya, masuk ke bagian Startup. Di sana terdapat banyak aplikasi yang akan aktif ketika PC atau laptop menyala yang menyebabkan booting lebih lambat. Cara mematikannya, klik kanan pada aplikasi, kemudian tekan Disable.

Selesai! Mulai sekarang mudah-mudahan PC atau laptop Anda yang berjalan di Windows 10 menjadi cepat proses booting-nya ya! Oh ya jangan lupa, jika sudah menjalankan cara tersebut, lebih baik Restart PC atau laptop Anda. Selamat mencobanya. (FHP/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI