5 Cara Simpel untuk Menghemat Baterai Ponsel

3. Matikan Fitur Haptick Feedback


Penggunaan fitur haptick feedback di ponsel ternyata dapat menguras penggunaan batera. Hal ini dikarenakan untuk menimbulkan efek getar, ponsel akan mengaktifkan motor kecil yang tertanam di dalam ponsel tersebut.

Oleh karena itu, untuk menghemat penggunan baterai, fitur ini sebaiknya dinonaktifkan saja.

4. Hindari Fitur Sinkronisasi Otomatis

Untuk menikmati sepenuhnya fitur di ponsel Android, para pengguna biasanya menghubungkan akun Gmail mereka di dalam ponsel pintar. Berbagai kemudahan ditawarkan oleh pihak Google untuk kemudahan penggunaan, seperti sinkronisasi otomatis.

Akan tetapi, fitur ini ternyata akan membuat boros penggunaan baterai. Hal ini dikarenakan dalam rentang waktu tertentu, ponsel akan melakukan pengecekan secara online apakah ada surel baru yang masuk ke akun Anda.

Jika memungkinkan, fitur sinkronisasi otomatis lebih baik dinonaktifkan saja dan digantikan dengan mengecek surel secara manual.

5. Pastikan Semua Aplikasi Telah Diperbaharui

Semua aplikasi yang terpasang di ponsel pintar tentunya akan mendapatkan pembaharuan. Alangkah baiknya jika Anda segera melakukan pembaharuan saat ada notifikasi pembaharuan muncul di layar ponsel.

Tindakan ini sebaiknya dilakukan dikarenakan saat suatu aplikasi yang mendapat pembaharuan namun belum dilakukan pembaharuan, maka ponsel secara konstan akan memberikan notifikasi kepada Anda. Selain itu, ponsel secara konstan akan melakukan pencekan melalui internet apakah aplikasi tersebut sudah diperbaharui atau belum.

Selain itu, pihak pengembang biasanya juga melakukan perbaikan performa dan penggunaan baterai terhadap aplikasi mereka. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda langsung melakukan pembaharuan disaat muncul notifikasi di ponsel Anda. [NC]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI