‘Lag’ Saat Bermain Game HD? Ini Solusinya

Telset.id, Jakarta – Bermain game mobile masih menjadi salah satu pilihan utama mengisi waktu senggang. Mulai dari game kasual hingga game dengan kualitas grafis tinggi (game HD), kini dapat dimainkan di ponsel pintar Android manapun.

Namun nyatanya, game-game HD tersebut sering kali tidak dapat dimainkan secara mulus atau biasa disebut dengan “lag”. Hal ini juga sering terjadi meskipun sudah memakai smartphone dengan spesifikasi mumpuni.

Tentunya, ada berbagai faktor penyebab mengapa game HD berjalan lambat di ponsel pintar. Ingin tau cara mengoptimalkan game HD di smartphone Android? Silahkan simak tipsnya berikut ini:

1. Hapus Aplikasi yang Tak Terpakai

Salah satu cara paling ampuh untuk meningkatkan performa ponsel pintar adalah dengan menghapus aplikasi yang sudah lama tak terpakai. Hal ini dikarenakan meskipun sebuah aplikasi sudah lama tidak dibuka, namun tetap saja masih ada proses yang berjalan di belakang layar.

Oleh sebab itu, hapus aplikasi-aplikasi Anda yang sudah tidak terpakai, terutama yang memiliki ukuran aplikasi yang cukup besar.

2. Hapus atau Pindahkan File Lama dan Tak Terpakai

Bukan hanya menghapus aplikasi yang sudah tak terpakai saja, namun menghapus atau memindahkan file seperti foto, dokumen, video ke lokasi penyimpanan lain dapat meningkatkan performa. Hal ini dikarenakan semakin sempit luas penyimpanan yang ada untuk menyimpan file, maka performa tempat penyipanan akan menurun.

Di sisi lain, jika terdapat banyak ruang di dalam memori ponsel, maka performa tempat penyimpanan untuk membaca dan menulis sebuah file akan meningkat.

3. Tutup Aplikasi Berjalan Lainnya

Sebuah aplikasi baru bisa berjalan jika ada ruang yang cukup di dalam RAM. Biasanya, ponsel pintar mainstream memiliki kapasitas RAM sebesar 2GB, yang tentunya bisa dibilang cukup mumpuni untuk menjalnkan game berkualitas HD.

Namun jika  dibarengi oleh aplikasi lain, maka penggunaan RAM tentunya akan meningkat. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk menutup aplikasi jika memang tidak diperlukan untuk memberikan ruang bagi aplikasi yang sedang berjalan.

4. Hapus Junk File dan Cache Ponsel

Cara lain untuk meningkatkan performa dalam bermain game adalah dengan menghapus Junk File atau Cache pada ponsel. Caranya mudah, hanya tinggal masuk ke Pengaturan, lalu cari Penyimpanan.

Setelah masuk, klik Data dalam Cache untuk menghapus Cache dan masuk ke Serbaaneka dan pilih Junk File yang ingin dihapus. Namun perlu diingat, Anda harus berhati-hati dalam memilih data yang dihapus pada Serbaaneka, dikarenakan jika tak sengata, file-file yang dikirim via aplikasi chat juga dapat terhapus.

Demikianlah tips meingkatkan performa ponsel untuk memainkan game HD seperti yang sudah dilansir dari laman Dreamytricks. Bagaimana menurut Anda, apakah tertarik mencobanya? [NC/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI