Bluetooth akan Miliki versi 5.0

Telset.id, Jakarta – Bluetooth dikabarkan akan segera merilis versi terbaru Bluetooth, yang diberi kode Bluetooth 5.0 ini.

Special Interest Group (SIG) menggadang-gadang jika versi terbaru Bluetooth ini punya banyak keunggulan. Ketimbang versi Bluetooth terdahulu, maka di Bluetooth 5.0 SIG sengaja menyasar koneksi WLAN ini untuk kebutuhan segmen Internet of Things (IoT).

Menurut SIG, Bluetooth 5.0 terbaru ini memiliki fitur yang lebih canggih yakni kemampuan jangkauan dua kali lebih luas dan empat kali lebih cepat dari Bluetooth 4.2. Selain itu, teknologi ini juga memberikan kapasitas lebih banyak untuk transmisi periklanan.

Direktur Eksekutif SIG Bluetooth, Mark Powell  menjelaskan, Bluetooth 5.0 akan menyediakan fungsi layanan tanpa koneksi yang baru seperti informasi tekait lokasi dan navigasi. Dengan menambahkan kapasitas lebih banyak bagi transmisi periklanan, akan mendorong adopsi dan penerapan suar serta layanan berbasis lokasi untuk pengguna di seluruh dunia.

Dengan demikian, informasi dari sebuah perangkat yang belum tersambung akan jauh lebih cepat sehingga memudahkan pengguna. Belum dapat dipastikan berapa besaran yang akan digunakan pada paket transmisinya. Namun, akan lebih dari kemampuan paket saat ini, yakni 47 bytes yang 31 di antaranya tersedia untuk data.

Perangkat yang dilengkapi Bluetooth 5.0 seperti laptop, tablet, smartphone, dan aksesoris lain akan dirilis mulai tahun 2017. (MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI