Pake Kaspersky Who Calls, Bisa Basmi Spam Telepon

Telset.id, Jakarta – Kira-kira, seberapa sering Anda menerima telepon dari orang tak dikenal di tengah padatnya aktivitas? Atau ponsel Anda sering dibanjiri spam berupa kiriman SMS atau panggilan telepon dari telemarketer atau penipu yang biasanya berasal dari nomor telepon yang tidak dikenal?

Kita dapat dengan mudah menyaring spam di e-mail (misalnya, dengan fitur Anti-Spam), tetapi untuk menyaring spam di telepon akan lebih sulit dilakukan. Untuk mengatasi permasalahan ini, Kaspersky Lab kini sedang mengembangkan sebuah proyek baru yang bernama Kaspersky Who Calls.

Aplikasi ini menggunakan database nomor telepon dari berbagai perusahaan beserta jenis industri mereka. Nomor telepon dari spammer dan penipu juga ditambahkan ke dalam database.

Layanan ini akan menunjukkan kepada pengguna siapa yang menelepon mereka bahkan jika mereka tidak memiliki nomor tersebut dalam daftar kontak mereka. Jika panggilan tersebut merupakan cold calling dari telemarketer, mereka dapat memutuskan apakah akan menjawab atau menghiraukan panggilan tersebut.

Aplikasi Who Calls saat ini masih dalam pengujian beta, tetapi Anda dapat membantu Kaspersky Lab untuk meningkatkan serta mempercepat perkembangan aplikasi ini.

Ketika Anda lagi-lagi mendapatkan panggilan dari spammer telepon lainnya, Anda bisa mengunjungi callerid.kaspersky.com dan menambahkan nomer telepon tersebut ke dalam database.

Situs ini akan meminta Anda untuk memilih kategori: spam, Bank, layanan mobil, penipuan, dan sebagainya. Anda juga dapat memasukkan komentar tentang mengapa Anda menambahkan nomor ini ke database, tapi itu opsional. Anda tidak perlu mendaftar atau masukkan nama Anda; semuanya dapat dilakukan dalam beberapa klik.

Setelah nomor tersebut berada dalam database, jika pengguna aplikasi Who Calls menerima panggilan dari nomor tersebut, ponsel mereka akan menampilkan informasi tentang siapa yang menelepon – penjahat, spammer, pengacara, manajer bank, orang iseng, atau siapa pun . Semakin banyak nomor yang kita miliki, maka akan semakin banyak panggilan telemarketing yang dapat terdeteksi.

Kaspersky Who Calls akan pengguna dari segala usia dan tingkat pengalaman. Orang tua dan anak muda cenderung lebih sering menjadi korban penipuan telepon daripada yang lainnya, tapi tidak ada seorang punyang kebal dari aksi kejahatan ini.

Mari bersama-sama kita perangi telepon spam! Caranya mudah, cukup dengan mengunjungi situs Who Calls dan menambahkan nomer telepon yang sering mengganggu Anda dengan melakukan cold calling. (MS)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here