Kenalin ‘Flippy’, Robot yang Jago Masak Burger

Flippy

Telset.id, Jakarta – Suka atau tidak suka, banyak yang memprediksi bahwa di masa depan robot akan mengambil alih pekerjaan manusia. Salah satunya adalah robot bernama Flippy, yang jago memasak burger.

Satu lagi pekerjaan manusia yang kemungkinan akan “diambil alih” oleh robot setelah sebelumnya hadir Xiao Nan yang merupakan robot jurnalis dari China, Hospi yang merupakan robot pemandu bagi wisatawan di hotel serta Airport Guide Robot yang merupakan robot pemandu di bandara.

Adalah Flippy yang merupakan robot berkemampuan khusus untuk memasak burger dengan cepat ciptaan sebuah perusahaan bernama Miso Robotcs. Tujuan utama diciptakannya Flippy adalah karena tingginya permintaan akan burger, sehingga membuat tekanan kerja yang dihadapi manusia dalam pekerjaan ini semakin tinggi. Sementara, pihak restoran ingin meningkatkan kualitas makanan dari restoran tersebut.

[Baca juga: Xiao Nan, Robot Jurnalis dari China yang Bisa Nulis Berita]

“Kami fokus pada penggunaan AI dan otomatisasi untuk memecahkan tekanan yang tinggi di restoran. Itu pekerjaan yang membosankan, kotor dan berbahaya karena di sekitarnya terdapat grillfryer dan alat lainnya,” ujar CEO Miso Robotics, David Zito.

“Idenya adalah untuk membantu restoran meningkatkan kualitas makanan dan keamanan tanpa harus mendesain ulang dapur mereka,” tambahnya, seperti dilansir Tim Telset.id dari Tech Crunch, Jumat (10/03/2017).

Flippy sendiri merupakan robot yang berukuran relatif kecil dengan dilengkapi adanya 6-axis lengan robotik yang juga disebut dengan “sensor bar”. Dengan ukurannya tersebut, Flippy bisa dipasangkan di depan atau samping setiap panggangan berukuran standar atau bahkan fryer.

[Baca juga: Bandara & Hotel di Jepang akan Pekerjakan Robot Hospi]

Kemampuan memasak Flippy tak lepas dari adanya sensor thermal, sensor 3D serta kamera yang mampu memahami lingkungan di sekitar. Tak hanya itu saja, Flippy juga bisa langsung menerima order yang dikirimkan oleh sistem yang dikenal Flippy sebagai perintah.

Saat memanggang burger juga, Flippy sama sekali tidak menambahkan apapun selain harus meraih roti yang terbuka, memindahkannya ke panggangan, mengawasi burger yang dimasak serta memberitahu juru masak untuk segera menaruh keju atau topping lainnya di atas burger buatan Flippy.

[Baca juga: LG Bikin Robot untuk Jadi “Guide” di Bandara]

Diklaim Miso Robotcs, selain bisa memasak burger, Flippy juga bisa mempelajari resep baru dari restoran karena di dalamnya disematkan AI khusus yang memungkinkan robot tersebut untuk belajar serta beradaptasi dengan perubahan menu restoran. Tentu menarik kan jika bisa makan burger buatan robot? Apakah robot seperti Flippy juga akan hadir di restoran cepat saji di Indonesia? (FHP/HBS)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here