Bloatware Android Susah Dihapus? Begini Cara Hapusnya [No Root]

Telset.id, Jakarta – Anda yang menggunakan smartphone Android tentu kenal dengan berbagai aplikasi bawaan yang ter-install di smartphone kesayangan Anda atau disebut juga dengan bloatware. Memang banyak bloatware yang cukup berguna tapi tak jarang juga ada bloatware yang sama sekali tidak berguna karena tidak pernah kita gunakan.

Biasanya jika ada aplikasi yang tidak ebrguna, satu-satunya cara yang kita lakukan adalah menghapus aplikasi tersebut, benar kan? Tapi parahnya, bloatware seakan terus menempel di smartphone Android kesayangan kita karena sama sekali tidak bisa dihapus kecuali smartphone kita sudah di-root terlebih dahulu. Pertanyaannya sekarang adalah apakah Anda “tega” melakukan root smartphone Android Anda?

Nah, untuk itu Tim Telset.id akan memberikan trik untuk bisa hilangkan bloatware yang susah dihapus di Android dengan mudah dan tanpa harus root terlebih dahulu. Ingin tahu seperti apa caranya? Yuk simak!

  • Pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke Settings > Apps, kemudian cari bloatware yang menurut kurang berguna karena tidak pernah dipakai dan ingin menghilangkannya. Di sini kami ingin menghilangkan Google Play Music karena dirasa tidak pernah dipakai.
  • Tekan aplikasinya, dan Anda akan melihat informasi mengenai aplikasi tersebut. Istimewanya bloatware adalah tidak adanya tombol Uninstall yang bertugas untuk menghapus aplikasi tersebut. Tombol yang hadir hanyalah tombol Disable dan Force Stop.
  • Sekarang tekan tombol Force Stop terlebih dahulu, kemudian tekan tombol Disable.
  • Biasanya Anda harus menghapus versi terakhir dari aplikasi itu untuk bisa menghilangkannya. Tekan saja tombol Ok jika ada popup yang mengharuskan Anda untuk menghapus versi terbaru dari aplikasi.
  • Tunggu beberapa saat, hingga tombol Disable berubah menjadi Enable.

Selesai! Mulai sekarang Anda tak lagi menemui bloatware di dalam smartphone kesayangan. Selamat mencobanya ya! (FHP)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI