Cara Melacak Nomor Telepon via PC dan Smartphone

Telset.id Kita terkadang menerima panggilan telpon yang tidak diketahui identitasnya. Meski tanpa identitas, namun sebenarnya Anda dapat lacak dan cek pemilik nomor telepon tersebut.

Ada dua kemungkinan yang bisa Anda hadapi jika mendapatkan “panggilan misterius”. Kemungkinan pertama adalah dari kerabat Anda yang belum tersimpan nomor kontaknya.

Baca Juga: Cara Mudah Lacak Lokasi Menggunakan IP Address

Kemungkinan kedua adalah nomor aneh yang jika diangkat hanya akan menawarkan iklan atau hal tidak penting lainnya kepada Anda. Anda tak perlu resah jika sering mengalami hal tersebut, karena sebenarnya Anda bisa mengetahui misscall tak dikenal itu.

Ya, Anda dapat dengan mudah melacak nomor telepon tak dikenal itu langsung di PC atau smartphone. Tim Telset.id akan memberitahukan caranya. So, yuk ikuti cara lacak nomor telepon berikut ini!

Baca Juga: Tips Jitu! Ini Cara Mencegah Panggilan Spam di HP

Cara Melacak Nomor Telepon via Laptop dan PC

Cara melacak nomor HP lewat laptop atau PC adalah dengan menggunakan website Truecaller.com. Berikut cara melacak no. HP lewat PC:

  • Cara melacak no. HP lewat internet PC yang harus dilakukan pertama kali adalah akses situs Truecaller.com di browser pada PC atau laptop Anda.
    Melacak nomor telepon
  • Jika sudah, atur terlebih dahulu kode area negara sesuai keinginan. Biasanya, kode area tersebut mengikuti lokasi Anda secara otomatis yakni Indonesia.
    Melacak Nomor Telepon Menggunakan PC
  • Selanjutnya, masukkan nomor telepon yang ingin Anda lacak. Ketika Anda mulai mencarinya, akan muncul popup yang mengharuskan Anda untuk login atau daftar menggunakan akun Google atau Microsoft.
    Truecaller
  • Kemudian jika sudah masuk, maka otomatis hasil pencarian nomor tersebut akan muncul beserta operator dan lokasinya.
    lacak nomor telepon

Baca Juga: Cara Mengembalikan Kontak yang Terhapus

Melacak Nomor Telepon Menggunakan Smartphone

Sama halnya seperti pada PC, untuk smartphone juga kita bisa menggunakan aplikasi lacak no. HP bernama Truecaller yang sudah tersedia di Google Play Store.

Berikut cara melacak nomor HP yang tidak dikenal lewat Truecaller di smartphone:

  • Pertama, install terlebih dahulu aplikasi Truecaller di Google Play Store.
    lacak
  • Selanjutnya, jalankan aplikasi tersebut, dan tekan tombol Get Started untuk masuk ke halaman utama. Tapi perlu diingat sebelumnya, Truecaller akan meminta izin akses untuk mengatur panggilan telepon dan juga kontak telepon, tekan Allow jika Anda mengizinkannya.

Baca Juga: Tips Rekam Panggilan Telepon WhatsApp dengan Mudah

  • Setelah itu, masukkan nomor telepon Anda terlebih dahulu. Jika sudah, Anda akan menerima panggilan dari Truecaller untuk proses verifikasi nomor.
  • Selanjutnya, masukkan nama lengkap dan juga email untuk mendaftar ke aplikasi. Jika malas mengetikkan nama dan alamat email, Anda juga bisa menggunakan akun Facebook.
    Melacak nomor telepon
  • Jika semua pengaturan sudah dijalankan, maka Anda akan menemui empat menu di bagian bawah layar yakni Calls, Search, Block dan Contacts. Sekarang masuk ke bagian Search.
  • Kemudian, masukkan nomor atau nama yang ingin Anda cari. Selanjutnya tekan tombol cari di keyboard untuk melihat hasil pencarian.
    Melacak nomor telepon

Baca Juga: Cara Menggunakan Aplikasi Get Contact

  • Jika hasil pencarian telah ditemukan, maka akan terlihat lokasi dari nomor telepon tersebut.

Selesai! Bagaimana, mudah kan cara mengetahui nomor yang tidak diketahui di atas? Selamat mencoba ya! (FHP)

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI