3 Tips Memilih Kabel Data

Telset.id, Jakarta – Kabel data merupakan salah satu bagian yang sangat menentukan dalam sebuah proses pengiriman data dan pengisian daya pada perangkat bergerak, akan tetapi perangkat ini juga yang paling sering mudah rusak jika Anda tidak memilihnya secara tepat.

Anker, salah satu produsen power bank ternama dari Amerika yang juga memproduksi kabel, baru-baru ini merilis beberapa hal yang dapat diperhatikan oleh konsumen dalam memilih kabel data. Hal ini penting untuk Anda perhatikan, agar tidak salah pilih.

Nah, berikut ini 3 tips yang harus diperhatikan saat Anda memilih kabel data:

1. Jangan Tergiur dengan Harga Murah

Harga sering menjadi salah satu penentu saat kita berbelanja, karena kita harus menyesuaikan dengan “isi kantong” kita. Akan tetapi tanpa disadari, dengan membeli kabel berharga murah dan kualitas rendah, akan mengakibatkan usia kabel menjadi pendek alias cepat rusak.

Alhasil, kita malah akan mengeluarkan dana untuk membeli kabel dengan waktu yang singkat juga. Apabila dihitung pengeluaran kita hampir sama dengan apabila kita membeli kabel dengan harga yang lebih mahal dan berkualitas.

Tapi harga mahal juga belum tentu  menjamin kualitas barang. Oleh sebab itu, teliti sebelum membeli dengan banyak membaca dan mencari referensi seputar merk kabel yang dapat direkomendasikan merupakan hal yang bijak.

2. Diameter Besar Tidak Selamanya Bagus

Kabel yang mempunyai diameter lebih besar belum tentu menjamin bahwa kabel itu bagus. Karena salah satu penentu adalah jenis tembaga yang digunakan serta bahan penutupnya atau cladding, dan bahan pelindungnya atau bagian coating. Bagian terluar coating inilah yang menjadi bagian utama untuk melindungi keawetan kabel dari resiko rusaknya tembaga yang ada di dalam.

3. Pilih Panjang Kabel Sesuai Kebutuhan

Pilihlah panjang kabel yang sesuai dengan kebutuhan, karena hal ini menjadi salah satu penyumbang agar kabel berumur panjang. Kabel yang terlalu panjang akan membuat si pengguna cenderung sering melipat atau melengkukkannya.

Hal ini dapat menyebabkan tembaga di dalam kabel menjadi putus, sehingga akan mengganggu proses pengiriman daya atau data. Karena terletak di dalam, maka akan sulit bagi kita untuk tahu dimana posisi tembaga yang putus tersebut.[MS/HBS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI