OnePlus Dituding Curangi Skor Benchmark AnTuTu

Telset.id, Jakarta – Skor benchmark AnTuTu sering dijadikan tolak ukur untuk melihat kehandalan dari performa sebuah smartphone. Itu sebabnya kenapa banyak vendor yang menjadikan hasil test benchmarking di AnTuTu sebagai “bahan jualan” produk-produk terbaru mereka.

Namun pengujian benchmark tidak lagi menjadi hasil yang valid, karena hasilnya bisa dimanipulasi oleh para pabrikan ponsel. Praktek curang dengan cara melakukan tweaking untuk mendongkrak skor banchmark sering dilakukan oleh vendor. Yang paling anyar, OnePlus dituding melakukan praktek curang ini.

Seperti dilansir Tim Telset.id dari XDA Developers, OnePlus diduga melakukan tweaking terdahap frekuensi CPU pada OnePlus 3T untuk mendapatkan skor yang lebih tinggi pada pengujian benchmark.

[Baca juga: Skor AnTuTu Hanya Catatan Gengsi yang Terukur]

“Ketika mempelajari bagaimana Qualcomm bisa lebih cepat dalam hal membuka aplikasi pada chipset terbaru Qualcomm Snapdragon 821, kami melihat sesuatu yang aneh pada OnePlus 3T yang bahkan tidak ditemukan pada Xiaomi Mi Note 2 atau Google Pixel XL atau perangkat yang menggunakan Snapdragon 821 lainnya,” jelas XDA Developers dalam situs resminya.

XDA Developers meyakini jika vendor asal China ini menargetkan aplikasi tertentu seperti AnTuTu Benchmark dan Geekbench untuk memperlihatkan kemampuan skor benchmark dari produknya. Bahkan XDA menyatakan hasil yang cukup mengejutkan karena OnePlus memang menjalani praktek curang.

OnePlus dituding menargetkan aplikasi tertentu menggunakan suatu algoritma yang akan otomatis meningkatkan frekuensi CPU setiap aplikasi benchmarking aktif.

[Baca juga: Urusan Charge Baterai, OnePlus 3T Langkahi Google Pixel XL]

Menurut XDA, setiap kali aplikasi benchmarking aktif, maka core dari OnePlus 3T akan tetap di atas kecepatan 0.98 GHz untuk core yang kecil dan 1.29 GHz untuk core yang besar, bahkan ketika beban CPU turun hingga 0%. Sehingga pihak XDA dengan cepat mengambil kesimpulan jika memang OnePlus menargetkan aplikasi khusus pada OnePlus 3T. (FHP/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI