8 Hal Ini Bisa Dilakukan Teknologi Pay by QR

Telset.id, Jakarta – Teknologi di bidang finansial atau Fintech khususnya di Indonesia boleh dibilang terus berkembang. Salah satu pemain di bidang ini adalah Dimo Pay, yang menyediakan solusi bagi penggunanya untuk melakukan pembayaran menggunakan smartphone lewat layanan mobile banking atau uang elektronik.

Salah satu layanan atau solusi dari Dimo Pay adalah Pay by QR, yang memungkinkan para pengguna atau nasabah mobile banking melakukan pembayaran hanya dengan memindai kode QR saja.

Menurut VP Product Dimo Pay, Fendy Adidharma, solusi Pay by QR dari Dimo Pay  bisa diimplementasikan pada beberapa segmen bisnis atau yang berkaitan dengan keuangan.

“Ada beberapa pilihan implementasi dalam Pay by QR, yakni untuk bisnis kecil, small medium business, large business, online merchant, retail, supply chain network, donation hingga vending machine,” ujar Fendy di Jakarta, Selasa (31/01/2017).

[Baca Juga: Industri Fintech Tumbuh Pesat, Dimo Pay Untung Besar]

Untuk bisnis kecil atau small business seperti kaki lima, menurut Fendy, Pay by QR bisa diaplikasikan dengan cara menempel stiker pada toko tersebut yang berisi QR Code. Kemudian pembeli atau pengguna dari layanan Pay by QR cukup memindai QR yang ada pada stiker, lalu masukkan nominal pembayaran sesuai yang telah disepakati. Jika ini sudah dilakukan, maka pengguna hanya harus membayar sesuai nominal di dalam aplikasi dan penjual pun akan menerima notifikasi pembayaran melalui SMS.

Cara yang hampir sama juga berlaku untuk small medium business. Penjual yang memiliki smartphone hanya perlu menggunakan aplikasi QR Cashier milik Dimo Pay, kemudian memasukkan nominal pembayaran, sementara pengguna Pay by QR hanya perlu memindai QR yang ditampilkan pada smartphone. Otomatis, pembayaran akan diselesaikan dengan cepat.

[Baca Juga: Peran Fintech akan Semakin Luas di 2017]

Sama halnya dengan large business, QR akan ditampilkan pada bill pembayaran yang akan diberikan ke pengguna Pay by QR. Kemudian pengguna cukup memindai QR yang ada dan langsung melakukan pembayaran.

Tak hanya ketiga hal itu saja, online merchant atau ecommerce pun bisa memaksimalkan teknologi ini dengan cara menyematkan QR pada halaman pembayaran bagi penggunanya. Caranya pun terbilang mudah, hampir sama seperti cara lainnya. Hal yang sama berlaku juga untuk donasi.

“Untuk donasi misalnya, melalui Dompet Dhuafa, pengguna hanya harus scan QR maka bisa langsung berdonasi,” kata Fendy.

Saat ini beberapa layanan uang elektronik di Indonesia sudah bekerja sama dengan Dimo Pay, diantaranya adalah t-money, Simobi, Uangku, Doku, Dompetku, Unikqu dan lainnya.

“Dimo sedang berusaha untuk membuat satu ekosistem Pay by QR agar semua bank atau layanan emoney mampu mengimplementasikan teknologi ini,” pungkas Fendy. [FHP/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI