Ini Negara Penjual iPhone Termurah Sejagat

Telset.id, Jakarta – Semua orang pasti setuju jika iPhone adalah smartphone yang paling “menyiksa kantong”, terutama bagi konsumen di Indonesia. Meski terkenal mahal di hampir semua negara, namun ternyata ada beberapa negara yang menjual iPhone dengan “harga miring” alias paling murah sejagat. Tahu negara-negara mana saja?

Rata-rata harga iPhone saat ini tergolong mahal. Untuk model lawas iPhone 5s saja dengan memori internal 64GB masih berada di kisaran harga Rp 5 juta sampai Rp 5,1 jutaan. Sedangkan versi terbaru yakni iPhone 7 Plus dengan memori 32GB alias paling kecil masih diharga kisaran Rp 10,2 jutaan. Mahal kan?

Namun tahukah Anda jika ada beberapa negara di dunia ini yang ternyata menjual iPhone dengan harga yang super murah. Saking murahnya, iPhone di negara tersebut hanya dihargai $401 atau setara Rp 5,3 jutaan.

Ya, Seperti dilansir Telset.id dari Tech Viral, negara yang memiliki iPhone termurah adalah Angola. Lantas kenapa bisa iPhone di negeri tersebut murah? Harga iPhone di Angola bisa murah karena ternyata pajak atas produk konsumen di Angola sangat rendah.

[Baca juga: Wah, Terendam 13 Jam di Sungai Es, iPhone 7 Masih Hidup]

Setelah Angola, negara kedua yang memiliki harga murah untuk iPhone adalah Jepang dengan harga USD 413 atau sekitar Rp 5,5 jutaan, kemudian diikuti oleh China dengan harga USD 470 atau sekitar Rp 6,2 jutaan, Finlandia dengan harga USD 475 atau Rp 6,3 jutaan dan UAE dengan harga USD 498 atau sekitar Rp 6,6 jutaan.

[Baca juga: Seperti Inikah Tampilan iOS 11 di iPhone 8? [Video]]

Meski tidak ada informasi jelas mengenai model iPhone apa yang dijual dengan harga seperti itu, namun ada fakta mengejutkan lainnya soal harga smartphone pesaing serius dari seri flagship Samsung tersebut di Venezuela hanya berkisar USD 97 saja atau Rp 1,2 jutaan. Kok bisa?

Technology Price Index 2016 menyebutkan hal tersebut disebabkan karena adanya inflasi dan pembatasan impor yang menyebabkan dampak sulitnya produsen untuk mendapatkan akses konsumen ke pasar.

Lantas berapakah harga iPhone yang dilepas di Indonesia? Menurut data tersebut, Indonesia melepas harga iPhone dengan harga USD 865.06 atau sekitar Rp 11,5 jutaan yang lebih mahal dari Malaysia (Rp 7,1 jutaan) namun masih jauh lebih murah ketimbang Singapura (Rp 12,9 jutaan). (FHP/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI