Ini Perbedaan Teknologi 4×4 MIMO dengan Massive MIMO

Telset.id, Jakarta – Sebelumnya XL sempat memperkenalkan teknologi 4×4 MIMO, teknologi ini juga diperuntukan untuk memaksimalkan jaringan operator. Akan tetapi hari ini, Senin (16/1/2017), operator Smartfren memperkenalkan dan juga ujicoba teknologi terbaru Massive MIMO.

Kedua teknologi ini terdengar sama peruntukannya, akan tetapi ada yang berbeda dari keduanya. Perbedaan tersebut diungkap oleh Chief Technical Officer Smartfren Christian Daigneault pada acara perkenalan teknologi Massive MIMO di kawasan Tangerang.

Christian mengungkapkan,  kedua teknologi tersebut memang ada beberapa perbedaan yang menonjol antara teknologi Massive MIMO dan 4×4 MIMO. Salah satu perbedaan yang cukup jelas ialah dari jumlah antena yang dimilikinya.

“Massive MIMO memiliki multi antena yang terdiri 64 antena receiver dan antena output khusus untuk TDD. Sedangkan di 4×4 MIMO hanya berjumlah 16 antena. Jika diibaratkan dengan perumpamaan lajur jalan raya , jika sebelumnya ada dua lajur maka dengan hadirnya teknologi tersebut jumlah lajur menjadi 8,” Jelas Christian.

Dengan banyaknya jumlah antena tersebut, kualitas jaringan serta jangkauan yang dimiliki diklaim lebih baik karena memiliki koneksi masing-masing di setiap handset.

Selain itu, teknologi Massive MIMO yang mulai diterapkan oleh Smartfren saat ini telah mendukung handset yang sudah ada. (MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI