Pengen Ubah Bar Notifikasi Mirip Android Nougat? Begini Caranya

Telset.id – Di Android 7.0 Nougat, bar notifikasi yang disuguhkan bagi penggunanya boleh dibilang berbeda dengan bar notifikasi pada Android 6.0 Marshmallow ke bawah. Kenapa? Karena bar notifikasi tersebut dibundel menjadi satu dan terlihat lebih rapi daripada bar notifikasi biasanya.

Perlu diakui memang bar notifikasi di versi Android di bawah Nougat memang terlihat biasa saja bahkan jika banyak pesan yang belum terbaca atau notifikasi yang belum terbuka, maka bar notifikasi pada smartphone kita terkesan berantakan.

Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah itu selain menghapus bar notifikasi secara berkala, tentu dengan cara mengubah tampilannya menjadi lebih menarik dan tidak terkesan itu-itu saja kan?

Tapi ada satu masalah yang harus dihadapi, biasanya untuk mengubah tampilan pada bar notifikasi, Anda harus me-root smartphone Android terlebih dahulu. Tentu ribet kan?

Tim Telset.id akan memberikan tips yang memungkinkan Anda dengan mudah mengubah bar notifikasi mirip Android Nougat, tanpa harus root terlebih dahulu. Ingin tahu seperti apa caranya? Yuk simak!

  • Pertama yang harus dilakukan adalah install aplikasi Notification Hub yang sudah tersedia di Google Play Store.
  • Jika sudah, jalankan aplikasi tersebut. Nah ketika pertama kali dijalankan, Notification Hub akan memberikan Anda daftar aplikasi yang telah ter-install pada smartphone. Tugas Anda di sini adalah memilih aplikasi yang ingin notifikasinya dibundel menjadi satu kesatuan sehingga bar notifikasi terlihat lebih rapi dan bersih. Caranya adalah dengan memberi centang pada aplikasi tersebut. Jika sudah memilih, tekan tombol panah yang ada di bagian bawah layar.
  • Langkah selanjutnya adalah berikan izin akses pada Notification Hub untuk dapat mengakses dan mengelola notifikasi pada smartphone Anda. Caranya adalah ubah toggle ke posisi On pada opsi Notification Hub, kemudian tekan tombol Allow.
  • Kemudian tekan tombol Back pada smartphone untuk kembali ke dalam aplikasi.
  • Selanjutnya Anda akan dimintai izin akses dari Notification Hub untuk mengatur notifikasi pada smartphone. Tekan tombol Ok, kemudian di halaman selanjutnya  tekan bagian Notification Hub dan ubah toggle Permit usage access menjadi On.

Selesai! dari sekarang, notifikasi yang hadir pada smartphone Anda akan lebih rapi dan bersih khas seperti Android Nougat. Bagaimana mudah kan? (FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI