Taclim VR, Sarung Tangan dan Sepatu VR

Taclim VR

Telset.id, Jakarta – Anda pasti pernah kan menggunakan alat Virtual Reality (VR)? Biasanya ketika kita menggunakan VR, pasti kita pernah merasakan sensasi menaiki roller coaster atau mengarungi lingkungan yang luas atau bahkan medan peperangan kan? Tapi apakah Anda merasakan satu kekurangan dari VR?

Ya, jadi kekurangan dari VR selama ini adalah kita tidak bisa merasakan sensasi ketika sedang berjalan di padang rumput, merasakan tanah yang diinjak atau bahkan merasakan sensasi seperti sedang menginjakkan kaki pada roller coaster.

Namun di ajang CES 2017, kekurangan tersebut akhirnya terjawab sudah ketika salah satu startup asal Jepang yakni Cerevo berhasil menciptakan VR berupa sepasang sarung tangan dan sepatu bernama Taclim VR yang memungkinkan penggunanya mendapatkan umpan balik hapctic ketika sedang menggunakan VR.

[Baca juga: Aneh, Tinder Bikin Headset VR untuk Para Jomblo]

Dengan menggunakan Taclim VR, tentunya para gamers yang bermain game berbasis VR selain mudah dalam mengendalikan berbagai kontrol di dalamnya. Pengguna juga akan merasakan langsung keadaan di lingkungan game VR yang dimainkannya, seperti dapat merasakan sentuhan atau lingkungan yang ia lewati seperti sungai, padang rumput atau lainnya.

Tak hanya itu, jika pada game VR penggunanya hanya bisa menggunakan tangannya untuk mengontrol permainan atau melawan musuh, dengna menggunakan Taclim VR, penggunanya juga bisa menggunakan kedua kakinya untuk menendang musuh atau sekedar iseng menendang benda yang ada di bawahnya.

[Baca Juga: 15 VR Games yang Cocok untuk Google Cardboard]

Dalam pembangunan Taclim VR, menurut situs resminya, Cerevo bekerja sama dengan Nidec Seimitsu Corporation yang merupakan perusahaan di bidang komponen haptic. Karenanya, Taclim VR mampu menghasilkan umpan balik yang begitu nyata karena di dalamnya juga disematkan total 8 perangkat tactile pada sepatu dan sarung tangan VR mereka. Masing-masing terdapat 3 perangkat tactile pada setiap sepatu dan 1 perangkat tactile pada satu sarung tangan.

Beruntung bagi Anda yang sudah memiliki Google VR, karena Taclim VR baru bekerja dengan baik pada perangkat VR besutan Google tersebut. Untuk harganya, jangan kaget karena Taclim VR dilepas dengan harga yang lumayan mahal yakni antara $1000 (Rp 13,3 jutaan) hingga $1500 (Rp 19,9 jutaan). Bagaimana minat? (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here