Huawei Ungkap Smartphone Masa Depannya “Intelligent Phone”

Richard Yu, CEO Huawei Consumer Business Group (dok.Huawei)

Telset.id, Jakarta – Dunia smartphone akan memasuki babak baru dengan akan diadopsinya teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). Adalah Huawei yang coba mengembangkan smartphone berbasis teknologi AI dalam produknya yang mereka sebut sebagai Intelligent Phone.

Rencana pengembangan Intelligent Phone ini diungkap oleh CEO Huawei Consumer Business Group, Richard Yu saat menyampaikan keynote speech dalam acara Huawei Consumer Business Group di ajang CES 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Dalam acara yang dihadiri hampir 3.000 orang itu, Richard Yu memaparkan komitmen Huawei dalam mendorong inovasi dan kolaborasi dengan mitra terkemuka guna mengubah cara melihat dan merasakan dunia.

Yang paling menarik dalam pemaparannya, Richard Yu mengungkapkan visi ke depan Huawei untuk ponsel keluarannya, yakni Intelligent Phone. Ia mengatakan ponsel ini dilengkapi oleh artificial intelligence yang akan meningkatkan berbagai aspek kehidupan pengguna.

“Mengenalkan Intelligent Phone untuk dunia yang lebih pintar pada era dimana dunia kerap menuntut kita untuk selalu tersambung dengan teknologi. Huawei telah membuka jalan untuk pengalaman transformatif yang akan membawa Intelligent Phone menjadi kenyataan,” kata Richard Yu.

Ia menekankan bahwa periode evolusi baru ada di depan kita. Pada mulanya PC menyediakan portal untuk mengakses informasi, yang diikuti oleh internet yang memungkinkan kita menyebarkan informasi. Dan pada zaman ini, kita hidup di dunia dimana kita semua saling terhubung.

[Baca juga: Keren, Seperti Inilah Rupa Smartphone Konsep Huawei]

Richard Yu lantas menyebut keadaan ini sebagai “dunia yang lebih pintar”, dimana perangkat-perangkat secara bertahap mengerti dan mengumpulkan data tentang kehidupan dan prilaku kita.

Menurutnya, guna mengikuti perkembangan di dunia yang semakin pintar, kehadiran artificial intelligence yang diintegrasikan ke dalam smartphone akan menawarkan lompatan signifikan dan membawa kita satu langkah lebih dekat menuju fase berikutnya, yakni “The Intelligent Phone”.

“Ponsel pintar yang berbasis AI akan mengantisipasi kebutuhan kita sesui dengan bagaimana kita berfikir dan merasakan,” ujarnya.

Untuk membuat Intelligent Phone menjadi kenyataan, desain dinamik sangat diperlukan. Sebuah perangkat ponsel pintar yang dapat meniru bagaimana manusia berinteraksi dan mengerti lingkungan sekelilingnya.

Contohnya, Intelligent Phone akan memiliki pendangan komputer terdepan dan dapat mengerti dunia sekitar. Selain itu, ponsel pintar juga memerlukan mikrofon yang dapat mendengar dan memahami berbagai suara berbeda, serta memiliki kemampuan kerja yang tingga dan daya baterai yang panjang guna memproses data dalam jumlah besar secara cepat.

Untuk mempercepat pengembangan Intelligent Phone, Huawei tengah bekerja keras dalam mengembangkan teknologi sensor, pembelajaran mesin, menejemen data serta chipset. Dengan fitur-fitur terbaru ini, Huawei yakin Intelligent Phone akan menyatukan dunia digital dan kecerdasan manusia dan menghasilkan hidup yang lebih baik.

[Baca juga: 10 Tahap Pengujian Ini Dilakukan Huawei pada Perangkatnya]

“Saat ini, manusia tersambung dengan dunia digital melalui ponsel pintar. Di masa yang akan datang, Intelligent Phone akan mengubah hal ini. Ponsel pintar akan menjadi perluasan akan jati diri kita,” pungkas Richard Yu.

“Intelligent Phone akan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita yang memanfaatkan artificial intelligence untuk beradaptasi dengan kebutuhan, serta memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan dunia nyata dan digital,” sambungnya. [HBS]

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here