Gingerbread Hampir Mati, Android Lollipop Masih Berjaya

Android Lollipop

Telset.id, Jakarta – Di awal tahun ini, Google baru saja melaporkan distribusi OS Android pada perangkat yang aktif dari mulai versi 2.3 Gingerbread hingga yang terbaru Android 7.1 Nougat. Dalam data itu terungkap bahwa Android Lollipop masih berjaya.

Pada laporan yang dilansir dari situs resmi Google, terlihat versi OS yang paling banyak digunakan hingga saat ini adalah versi Android 5.0 dan 5.1 Lollipop dengan persentase total 33,4% atau masing-masing 10,1% untuk versi 5.0 dan 23,3% untuk versi 5.1.

Selanjutnya di posisi kedua tercatat versi Android 6.0 Marshmallow dengan total pengguna aktif 29,6%. Kemudian diikuti oleh versi Android 4.4 KitKat di urutan ketiga terbanyak dengan total persentase 22,6%.

[Baca juga: Android Jadi “Bulan-bulanan” Serangan Hacker di 2016]

Sementara itu, versi OS terbaru Android 7.0 dan 7.1 Nougat masih mengalami pertumbuhan secara perlahan. Hingga bulan Desember 2016, OS yang pertama kali muncul di Google Pixel dan Pixel XL ini hanya memiliki pengguna aktif sebesar 0,4% saja. Namun sekarang, jika kedua versi tersebut digabung, persentase pengguna aktif meningkat menjadi 0,7%.

Data tersebut juga terlihat jika eksistensi dari versi Android 2.2 Froyo hampir mati, karena tidak ditampilkan dalam data karena memiliki pengguna aktif kurang dari 0,1%. Selain Froyo, sepertinya versi 2.3 Gingerbread juga hampir mati karena hanya memiliki pengguna aktif sebesar 1,1%.

Bernasib sama dengan Gingerbread, versi Android 4.0 Ice Cream Sandwich juga terus mengalami penurunan, dimana saat ini hanya memiliki total pengguna aktif sebesar 1,1% saja. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here