Resmi! Nokia “Comeback” dengan Android Nougat

Telset.id, Jakarta – Setelah sekian lama mundur dari pasar ponsel, Nokia akhirnya benar-benar turun gunung di awal tahun 2017. Nokia mengawali “comeback”-nya lewat ponsel Android pertamanya, Nokia 6, yang diluncurkan secara resmi di China.

Smartphone Android pertama Nokia ini merupakan hasil kolaborasi dengan perusahaan HMD Global, yang mengantongi lisensi untuk membuat dan mengedarkan smartphone Nokia.

Seperti telah dirumorkan sebelumnya, Nokia 6 hadir dengan bentang layar 5,5 inci dengan resolusi full HD 1080p yang dibalut pelindung Gorilla Glass 2,5D. Untuk bagian jeroannya, smartphone ini dipacu prosesor Qualcomm Snapdragon 430, RAM 4GB dan memori internal 64GB.

Sementara untuk bagian kameranya, Nokia 6 dibekali kamera utama dengan resolusi 16MP dan kamera depan 8MP, dengan kapasitas baterai 3000 mAh. Yang menarik, smartphone ini sudah berjalan dengan sistem operasi Android terbaru, Nougat 7.0.

Selain kamera yang menjadi kekuatan Nokia selama ini, smartphone ini juga mengandalkan kemampuan audio yang disokong dual amplifier dengan Dolby Atmos yang diklaim dapat menghasilkan suara hingga 6db.

Sedangkan untuk harganya, Nokia 6 dibanderol pada harga USD 246 atau setara dengan Rp 3,2 jutaan. Smartphone ini dijual secara eksklusif di pasar China via online lewat e-commerce JD. Belum diketahui kapan smarthone Android Nokia ini akan dirilis di pasar global.

Seperti diketahui, Nokia 6 merupakan smartphone Android pertama Nokia setelah lepas dari Microsoft. Sebelumnya, lisensi brand Nokia sempat dibeli oleh Microsoft, dan memakainya untuk smartphone dengan sistem operasi Windows Phone. Namun sejak 2014, Microsoft resmi melepas hak kepemilikan brand Nokia kepada HMD Global.

Perusahaan asal Finlandia ini sekarang yang berhak memegang lisensi brand Nokia, dan bekerjasama dengan Foxconn, pabrikan asal China untuk memproduksi smartphone Android Nokia.

[Baca juga: Bakal Temani Nokia D1C Mejeng di MWC, Begini Rupa Nokia E1]

Nokia 6 menjadi produk pertama yang dirilis HMD Global di tahun 2017. Tapi kabarnya HMD akan total merilis 7 smartphone Android Nokia di tahun ini. Selain Nokia 6, HMD juga dalam waktu dekat akan merilis dua seri lain, yakni Nokia E1 dan Nokia D1. Kedua smartphone ini kabarnya akan diumumkan pada ajang Mobile World Congress 2017 di Barcelona bulan depan.[HBS]

 

 

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI