Resmi! Nokia “Comeback” dengan Android Nougat

Telset.id, Jakarta – Setelah sekian lama mundur dari pasar ponsel, Nokia akhirnya benar-benar turun gunung di awal tahun 2017. Nokia mengawali “comeback”-nya lewat ponsel Android pertamanya, Nokia 6, yang diluncurkan secara resmi di China.

Smartphone Android pertama Nokia ini merupakan hasil kolaborasi dengan perusahaan HMD Global, yang mengantongi lisensi untuk membuat dan mengedarkan smartphone Nokia.

Seperti telah dirumorkan sebelumnya, Nokia 6 hadir dengan bentang layar 5,5 inci dengan resolusi full HD 1080p yang dibalut pelindung Gorilla Glass 2,5D. Untuk bagian jeroannya, smartphone ini dipacu prosesor Qualcomm Snapdragon 430, RAM 4GB dan memori internal 64GB.

Sementara untuk bagian kameranya, Nokia 6 dibekali kamera utama dengan resolusi 16MP dan kamera depan 8MP, dengan kapasitas baterai 3000 mAh. Yang menarik, smartphone ini sudah berjalan dengan sistem operasi Android terbaru, Nougat 7.0.

Selain kamera yang menjadi kekuatan Nokia selama ini, smartphone ini juga mengandalkan kemampuan audio yang disokong dual amplifier dengan Dolby Atmos yang diklaim dapat menghasilkan suara hingga 6db.

Sedangkan untuk harganya, Nokia 6 dibanderol pada harga USD 246 atau setara dengan Rp 3,2 jutaan. Smartphone ini dijual secara eksklusif di pasar China via online lewat e-commerce JD. Belum diketahui kapan smarthone Android Nokia ini akan dirilis di pasar global.

Seperti diketahui, Nokia 6 merupakan smartphone Android pertama Nokia setelah lepas dari Microsoft. Sebelumnya, lisensi brand Nokia sempat dibeli oleh Microsoft, dan memakainya untuk smartphone dengan sistem operasi Windows Phone. Namun sejak 2014, Microsoft resmi melepas hak kepemilikan brand Nokia kepada HMD Global.

Perusahaan asal Finlandia ini sekarang yang berhak memegang lisensi brand Nokia, dan bekerjasama dengan Foxconn, pabrikan asal China untuk memproduksi smartphone Android Nokia.

[Baca juga: Bakal Temani Nokia D1C Mejeng di MWC, Begini Rupa Nokia E1]

Nokia 6 menjadi produk pertama yang dirilis HMD Global di tahun 2017. Tapi kabarnya HMD akan total merilis 7 smartphone Android Nokia di tahun ini. Selain Nokia 6, HMD juga dalam waktu dekat akan merilis dua seri lain, yakni Nokia E1 dan Nokia D1. Kedua smartphone ini kabarnya akan diumumkan pada ajang Mobile World Congress 2017 di Barcelona bulan depan.[HBS]

 

 

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Trik Sembunyikan Foto Biar Gak Muncul di Galeri

Telset.id - Beragam foto dan video yang disimpan di smartphone biasanya akan muncul di galeri. Bagi kamu yang tidak...

Aplikasi Youtap Bidik UMKM Jadi “Teman Dagang”

Telset.id, Jakarta - Aplikasi Youtap resmi meluncur di Tanah Air. Aplikasi tersebut mengklaim sebagai teman para padagang, khususnya pelaku...

NASA Pamer Foto “Pale Blue Dot” Bumi yang Terkenal

Telset.id, Jakarta - Gambar "Pale Blue Dot" atau foto nyata Bumi yang diambil dari jarak sekitar empat miliar mil...

Imbas Virus Corona, Stok iPhone Terbaru jadi Langka

Telset.id, Jakarta - Apple mengeluarkan peringatan tentang potensi kekurangan pasokan iPhone terbaru akibat imbas virus Corona. Bahkan, Apple mengakui...

4 Kehebatan Jaringan 0G Dibanding Teknologi 5G

Telset.id, Jakarta - Saat para operator gencar melakukan uji coba jaringan 5G di Indonesia, Sigfox Indonesia justru menghadirkan jaringan...
- Advertisement -
X
X