Ini Dia Rencana Evolusi 5G AT&T di 2017

Telko.id – AT & T, hari ini mengumumkan rencana 5G Evolution untuk tahun 2017. Seperti diketahui, 5G ini menjadi masa depan bagi para operator dalam memberikan layanan pada konsumennya karena menawarkan kecepatan internet ultra cepat.

“Rencana 5G Evolution kami ini akan membuka jalan ke generasi berikutnya. Di mana akan menawarkan kecepatan yang lebih tinggi bagi pelanggan. Kami tidak akan menunggu sampai standar akhir ditetapkan untuk meletakkan landasan bagi evolusi kita untuk 5G. Kami harus mengeksekusi sekarang,” kata John Donovan, Chief Strategy Officer and Group President, Technology and Operations AT&T menjelaskan.

John juga menambahkan bahwa “Trafik layanan data di jaringan selular kami telah meningkat sekitar 250.000% sejak 2007, dan sebagian besar lalu lintas yang video. Janji 5G untuk kecepatan yang lebih besar dan kinerja jaringan secara keseluruhan membawa peluang besar. Tidak hanya untuk video tapi juga Internet of Things, Video 4K. Ditambah lagi adanya virtual reality, smart home, smart city dan pintar dan kota, autonomous vehicles dan masih banyak lagi”.

Seperti apa rencana dari AT&T? Operator ini akan melakukan kombinasi antara solusi fixed dan mobile. Untuk itu, AT&T pun sudah melakukan kerjasama dengan berbagai perusahaan teknologi bertaraf global untuk melakukan uji lab seputaran 5G. John pun merasa bangga karena uji lab awal yang sudah dilakukan mampu mencapai kecepatan hingga 14 gigabit per detik (Gbps) melalui koneksi nirkabel.

Dalam uji coba laboratorium, John menjelaskan bahwa telah berhasil menguji koneksi dengan latency kurang dari 3 milidetik. Angka yang tercatat tersebut sudah melampaui teknologi jaringan LTE saat ini. Di sisi lain, industri mengharapkan latency pada 5G itu kurang dari 5 milidetik.

Lalu, seperti apa tahapan evolusi 5G dari AT&T? Setidaknya ada 4 point besar yang diharapkan oleh operator ini untuk tahun 2017.

  1. 1 Gbps pada tahun 2017AT&T menargetkan akan mencapai kecepatan hingga 1 Gbps pada 2017. Yang akan dilakukan adalah penyebaran jaringan 4G LTE-Advanced lebih agresif lagi. Hal ini akan menjadi dasar bagi evolusi 5G AT&T. Kecepatan sebesar 1Gbps ini diharapkan bisa dilakukan pada beberapa site cell pada 2017 ini. Untuk itu, operator ini akan terus melakukan penyebaran small cell dengan menggunakan agregasi carrie yang akan meningkatkan kecepatan data tertinggi. “Saat ini kami sudah melakukan three-way carrier aggregation di beberapa daerah. Selanjutnya akan memperkenalkan 4-way carrier aggregation LTE-License Assisted Access (LAA) pada tahun ini
  2. Uji Coba 5G Video dengan DirecTV NowPada semester pertama 2017, AT&T merencanakan untuk melakukan uji coba di Austin. Di mana para pelanggan perumahan akan dapat menonton DirecTV Now, layanan video melalui koneksi 5G nirkabel tetap. Sebagai bagian dari percobaan ini, operator ini pun akan menguji layanan hiburan melalui koneksi 5G tetap. Uji coba ini akan dilakukan pada beberapa site dan perangkat. Harapannya adalah sebagai pembelajaran 5G. Terutama untuk mengetahui kinerha teknologi mmWave Fixed dan nirkabel menangani trafik video berat. Dan dari waktu ke waktu, jangkauan penyebaran 5G akan ditingkatkan diharapkan juga dapat merangkul pelanggan baru dengan layanan video mobile yang inovatif.
  3. Uji Coba Pertama 5G Untuk Pelanggan BisnisPada musim gugur terakhir, AT&T sudah meluncurkan apa layanan yang diperuntukan bagi pelanggan bisnis atau korporate. Layanan tersebut dilakukan di Austin dengan menggunakan gelombang milimeter teknologi Intel dan mmWave buatan Ericsson yang dapat memberikan kecepatan multi-gigabit dengan menggunakan spektrum unlicensed band. Pada saat itu dilakukan uji coba beberapa video streaming dan pengalaman konferensi, dan melihat kecepatan upload dan download sekitar 1 Gbps selama fase pertama dari uji coba.
  4. Uji Coba 5G LainnyaAT&T juga, beberapa waktu lalu mengumumkan rencana untuk bekerjasama dengan Qualcomm Technologies dan Ericsson untuk uji wireless mobile dan fixed di paruh kedua 2017. Percobaan ini signifikan karena pada uji coba ini adalah yanhg pertama kali menggunakan spesifikasi 5G New Radio yang dikembangkan oleh 3GPP. Standar industri ini penting untuk memungkinkan uji coba dengan skala yang lebih luas dan secara komersial. Uji coba akan menguji kedua solusi wireless mobile dan fixed beroperasi di spektrum mmWave mencoba penyebaran secara komersial serta menggunakan 28GHz dan 39Ghz band. Uji coba ini akan menampilkan radio 5G teknologi mmWave ketika meningkatkan kapasitas jaringan sementara untuk mencapai kecepatan data multi-gigabit.

Icha

Source link

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI