Hebat, Wearable Ini Bisa Bantu Anda Atasi Rasa Mual

Telset.id, Jakarta – Sebuah wearable baru diperkenalkan Reliefband Tecnologies dalam ajang CES 2017. Tak seperti perangkat wearable lainnya yang biasanya identik dengan pelacak kebugaran atau semacamnya, gelang pintar yang dipanggil Reliefband Neurowave ini memiliki fungsi unik, yakni mengatasi rasa mual. Satu hal yang belakangan ini sering diderita oleh pengguna VR headset, apalagi jika berlama-lama menggunakannya.

Cara kerjanya sederhana, yakni dengan menghasilkan pola nadi yang memodulasi saraf median di bagian bawah pergelangan tangan, menggunakan proses yang disebut neuromodulation. Sinyal disampaikan ke pusat mual di otak, yang kemudian memodulasi saraf yang mengarah ke perut Anda, memulihkan ritme lambung menjadi normal.

Perangkat ini bisa dinyalakan dengan menekan sebuah tombol, sebelum akhirnya Anda memilih satu dari lima level pengaturan nadi yang tersedia, tergantung pada seberapa parah masalah Anda, lapor VentureBeat, Rabu (4/1/2017).

Reliefband telah mengantongi izin dari Food and Drug Administration (FAA). Selain untuk mengatasi mual karena VR, perangkat ini juga bisa digunakan untuk mengatasi morning sickness pada wanita hamil serta membantu menenangkan orang yang mual di kapal pesiar, perahu nelayan, atau wahana hiburan.

Perangkat ini akan tersedia pada kuartal kedua dengan harga USD150 atau sekitar Rp 2 juta.

Dalam sebuah pernyataan, CEO Reliefband Technologies, Nick Spring mengatakan bahwa Reliefband Neurowave dikembangkan dalam menanggapi pelanggan yang mengatakan bahwa mereka telah menyerah dalam mengendalikan mualnya. Morning sickness disebut-sebut sangat berdampak pada hidup mereka, hingga akhirnya mereka memilih untuk menghindari aktivitas atau situasi yang membawa mereka pada gejala itu.

“Kami ingin membantu mereka yang mengalami itu dengan membuat perangkat tanpa obat yang mudah digunakan dan elegan untuk dikenakan dalam waktu lama,” katanya.

Sebuah studi menunjukkan bahwa 10 persen dari populasi secara genetik cenderung menjadi sangat rentan terhadap mual. [IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here