Cara Ambil Screenshot Scrolling di Smartphone Android

Telset.id – Mengambil gambar screenshot di Android memang mudah. Penggunanya hanya tinggal klik tombol Power bersamaan dengan tombol Volume bagian bawah. Namun ada kekurangan dari fitur screenshot ini yakni penggunanya tidak bisa mengambil gambar screenshot secara menyeluruh.

Menyeluruh di sini maksudnya adalah ketika kita sedang melihat situs yang mengharuskan penggunanya melakukan scrolling untuk melihat semua kontennya. Nah kali ini kami akan memberikan trik bagaimana cara ambil screenshot scrolling menggunakan smartphone Android. Ingin tahu seperti apa caranya? Check this out!

  • Download dan install aplikasi bernama Stitch & Share dari Google Play Store.
  • Kemudian buka aplikasinya, di halaman utama aplikasi ini, ada tiga pilihan yakni Automatic Capturing yang memungkinkan Anda mengambil screenshot secara otomatis (tinggal scroll halaman saja), Combine Screenshots dan Combine Images yang memiliki fungsi sama yakni mengkombinasikan screenshot atau gambar lain menjadi satu.
  • Pilih Automatic Capturing. Di halaman selanjutnya, biasanya Anda akan diminta untuk mengizinkan aplikasi ini untuk bisa mengambil gambar saat Anda sedang mengakses berbagai aplikasi termasuk browser. Tekan Accessibility Service, kemudian di pengaturan Accessibility tekan Stitch & Share. Selanjutnya adalah ubah toggle menjadi On.
  • Jika sudah, tekan tombol Start Automatic Capturing.
  • Akan muncul ikon atau tombol popup yang ada di halaman utama, nah untuk memulai screenshot, tekan saja tombol tersebut.
  • Anda hanya tinggal scroll saja hingga halaman yang sedang diakses habis. Jika sudah, tekan tombol Save yang biasanya ada di sebelah kanan.
  • Untuk menyimpan hasil screenshot, tekan tombol berwarna hijau yang ada di bawah kanan layar, kemudian pilih apakah Anda ingin menyimpannya atau membagikannya di media sosial.
  • Selesai! sekarang Anda sudah bisa mengambil screenshot scrolling dengan mudah. (FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI