Begini Cara Hapus History Google Voice Search

Telset.id, Jakarta – Anda pernah mencari sesuatu dengan menggunakan Google Voice Search alias mencari sesuatu dengan menggunakan perintah suara di Google Search? Pasti Anda pernah melakukannya minimal sekali untuk sekedar coba-coba saja.

Tapi apakah Anda tahu jika history perintah suara tersebut tersimpan di server Google sama seperti history pencarian? Mungkin kebanyakan dari Anda tidak tahu akan hal ini. Untuk membuktikan “rahasia” pada Google Voice Search, coba akses link di bawah ini

https://myactivity.google.com/myactivity?restrict=vaa

[Baca juga: Google ‘Trusted Contacts’ Bantu Lacak Posisi Keluarga]

Setelah mengakses link tersebut, pasti beberapa dari Anda akan kaget dan bertanya-tanya “Kok bisa Google menyimpan perintah suara kita?” Tenang, sebenarnya history perintah suara pada Google Voice Search sama di history Google Search.

Karena sama, maka sebenarnya kita pun bisa menghapus history perintah suara tersebut dari Google. Bagaimana caranya? Tim Telset.id akan memberitahu Anda cara untuk menghapus history pencarian yang bisa dibilang weird atau aneh ini.

google-voice-search

[Baca juga: Begini Cara Cek Akun Google Terinfeksi Malware Gooligan]

Caranya, coba akses link yang sudah kami berikan di atas. Jika sudah, tekan tombol yang berada di bagian kanan atas atau berbentuk tiga titik secara vertikal. Selanjutnya pilih opsi Delete activity by.

google-voice-search-1

Kemudian ubah pengaturan pada kolom Delete by date sesuai keinginan. Jika ingin menghapusnya semua, ubah Today menjadi All time dan tekan tombol Delete. Maka otomatis, sama halnya seperti history pencarian biasa, pencarian menggunakan perintah suara pun akan hilang.

google-voice-search-3

Namun jika menghapus seperti tadi masih terbilang ribet, ada kok cara paling ampuhnya yakni dengan tidak mengizinkan Google untuk menyimpan history dari perintah suara kita. Caranya adalah masuk ke link ini, kemudian ubah toggle menjadi Off. Selesai! (FHP/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI