Trik Hilangkan Label Aplikasi di Layar Utama pada iOS 10

Telset.id – Jujur, meskipun iOS 10 terlihat begitu smooth, namun pada iOS 10 pengguna tidak bisa menyesuaikan atau mengubah nuansa tampilan di layar utama iPhone atau iPad mereka. Tapi, ternyata tampilan “sempurna” dari iOS 10 menyimpan bug yang baru-baru ini ditemukan oleh channel YouTube yakni iDeviceHelp.

Bug tersebut memungkinkan pengguna untuk hilangkan label aplikasi di layar utama pada iOS 10 tanpa harus melakukan jailbreak terlebih dahulu.

Kali ini, Tim Telset.id akan memberikan trik dengan memanfaatkan bug tersebut agar Anda para pengguna iPhone atau iPad yang menggunakan iOS 10 bisa menyembunyikan label nama aplikasi dari layar utama tanpa harus jailbreak terlebih dahulu. Check this out!

  • Aktifkan Increast Contrast dan Reduce Motion

Langkah pertama yang harus dilakukan jika ingin menghilangkan label aplikasi adalah dengan mengaktifkan kedua opsi tersebut. Caranya adalah buka Settings > Accessibility > Increase Contrast. Kemudian aktifkan opsi Reduce Transparency dan Darken Color. Selanjutnya, kembali ke menu Accessibility, kemudian masuk ke opsi Reduce Motion dan aktifkan opsi tersebut.

  • Buat Label di Dock Icon Hilang

Catatan: Menurut channel YouTube tersebut, cara ini tidak akan berhasil jika layar utama Anda lebih dari dua halaman atau dua layer, jadi pastikan Anda memiliki maksimal dua halaman di layar utama. Caranya mudah kok jika kebetulan Anda memiliki lebih dari dua halaman. Cara mengakalinya adalah dengan membuat folder dan masukkan aplikasi tersebut pada folder.

trik-ios-10-3

Langkah kedua ini sedikit tricky karena langkah ini merupakan yang paling menentukan untuk bisa menghilangkan label aplikasi di layar utama. Caranya mudah kok, Anda hanya harus swipe ke atas dari bawah layar untuk membuka menu Control Center. Biarkan menu tersebut terbuka, tapi pastikan Anda menahan menu tersebut dan menggesernya perlahan ke atas layar tanpa harus melepas jari Anda dari layar.

Nah ketika sudah di posisi paling atas, Anda harus melakukan bagian paling tricky ini yakni ketika sedang menahan menu tersebut di atas, gunakan jari lainnya untuk double-click tombol Home. Setelah itu cepat-cepat angkat jari Anda dari menu Control Center. Langkah ini memang sedikit sulit karena Anda harus menemukan timing yang tepat, tapi pastikan Anda melepas layar setelah menekan dua kali tobol Home.

Dengan menekan dua kali tombol Home, pastinya Anda akan pindah ke halaman App Switcher kan? Jangan panik dulu, tekan lagi saja tombol Home untuk keluar dari halaman tersebut. Jika cara ini berhasil, Anda tidak akan melihat label aplikasi lagi pada Dock Icon.

  • Pindahkan Aplikasi dari Dock Icon ke Layar Utama, dan Ulangi

trik-ios-10-5

Langkah terakhir ini hanya perulangan saja dari langkah 2. Pertama, jika label aplikasi di Dock Icon sudah hilang, pindahkan aplikasi tersebut ke layar utama. Kemudian pindahkan empat aplikasi lainnya ke Dock Icon kemudian ulangi langkah kedua dan seterusnya hingga semua label aplikasi pada ikon telah hilang sepenuhnya.

Meski pengguna iPhone atau iPad ber-platform iOS 10 sudah bisa membuat layar utama mereka menjadi unik tanpa harus melakukan JailBreak terlebih dahulu, tapi cara ini memiliki kekurangan yakni jika smartphone Anda di-restart, maka label pada aplikasi akan muncul kembali. Termasuk jika Anda mematikan kembali opsi Reduce Transparency atau Reduce Motion, serta mengganti wallpaper. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

5 HP Murah dengan Snapdragon 665, Dijamin Baterai Awet!

Telset.id - Smartphone dengan baterai yang awet, bukan cuma karena menawarkan kapasitas yang besar. Sebuah HP pintar dengan baterai awet...

Sarung Tangan Khusus Ini Bisa Menerjemahkan Bahasa Isyarat

Telset.id, Jakarta - Para peneliti dari Sekolah Teknik Samueli UCLA telah mengembangkan sarung tangan canggih yang bisa menerjemahkan gerakan...

Beli Kosmetik di Korea Selatan Bisa via Cermin AR

Telset.id, Jakarta - Di Korea Selatan, beli kosmetik secara virtual bisa via cermin augmented reality atau AR. Teknologi itu...

Eau de Space, Parfum Luar Angkasa Buatan Eks Ilmuwan NASA

Telset.id, Jakarta - Seorang ahli kimia bernama Steve Pearce, yang pernah bekerja untuk NASA, membuat parfum aroma luar angkasa....

Asus Zenfone Max Pro M1 Kebagian Update Android 10 Beta

Telset.id, Jakarta - Asus terus melanjutkan konsistensinya untuk memberikan dukungan sistem operasi terbaru bagi seri lawas mereka. Baru-baru ini,...
- Advertisement -