Cara Ampuh Cegah Akun Facebook dari Aksi Phishing

Telset.id – Facebook merupakan salah satu sosial media yang paling populer, karena bisa menghubungkan teman lama, hingga keluarga yang jauh dari kita. Namun dengan semakin canggihnya teknologi internet saat ini, membuat Facebook juga rentan akan bahaya pelaku kejahatan cyber.

Meskipun banyak yang mengklaim bahwa sistem di Facebook sudah aman, tapi tetap saja ditemukan berbagai celah yang bisa membahayakan pengguna. Banyak celah yang bisa dimanfaatkan oleh berbagai orang yang tidak bertanggung jawab untuk meretas akun Facebook korbannya. Biasanya, korban yang dituju merupakan orang yang cuek atau kurang hati-hati ketika mengakses sosial media ini.

Nah, kali ini Tim Telset.id akan mencoba “membuka mata” Anda untuk menyadari betapa pentingnya “bermain aman” ketika menggunakan Facebook dengan memperlihatkan cara ampuh cegah akun Facebook dari phishing. Yuk simak baik-baik!

[Baca juga: Jangan Pernah Buka Foto ini Jika Tak Ingin di Hack]

Cara aman Hindari Phishing

Phishing adalah metode paling populer yang sering dijumpai di Facebook untuk meretas akun Facebook orang lain. Hacker yang menggunakan metode ini berusaha untuk membuat sebuah halaman login Facebook yang palsu. Sehingga ketika seseorang yang tidak hati-hati akan tanpa sadar memasukkan email serta password mereka ke halaman Facebook palsu tadi. Nantinya, data mereka bukan dikirimkan ke Facebook, melainkan kepada si hacker.

hack-facebook-2

[Baca juga: Hacker ini Tunjukkan Betapa Google Pixel Sangat Rentan]

Seorang hacker yang menggunakan metode ini memang bisa dibilang cukup bermodal karena mereka harus menyediakan web hosting dan juga halaman login palsu. Tapi jika sudah dapat membuat halaman palsu tersebut, kemungkinan besar hacker tersebut akan mendapatkan banyak sekali akun korban.

Bagaimana cara mengamankannya?

  • Jangan pernah klik link yang mengharuskan anda untuk login menggunakan akun Facebook, apalagi link tersebut bukanlah yang terpercaya. Untuk mengetahuinya adalah dengan memeriksa alamat URL-nya. Namun kami sarankan jika memang ragu, jangan pernah masuk menggunakan akun Facebook anda.
  • Phishing tidak hanya melalui email saja, tapi juga bisa muncul di timeline, chat hingga kiriman pesan di wall Facebook anda. Intinya jangan klik link tersebut yang mengharuskan anda untuk meminta informasi akun anda.
  • Gunakanlah antivirus dan software pengamanan web yang kredibel.
  • Jika memang anda sudah terlanjur terkena phishing ini, segeralah untuk mengganti alamat email serta password Facebook anda.
  • Kami sarankan untuk menggunakan alamat email yang khusus untuk Facebook saja, serta untuk password buatlah sesulit mungkin namun gampang diingat.

[Baca juga: Ini Tipe Password yang Paling Sering Dihack]

  • Terakhir, jika ada link muncul di timeline, chat, atau wall Facebook anda, jangan langsung diklik, tapi periksa dulu apakah link tersebut dapat dipercaya atau tidak. (FHP/HBS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI