Cara Blokir Iklan di Android Tanpa Root

Telset.id – Jika anda kurang suka dengan hadirnya iklan pada aplikasi yang dijalankan pada ponsel Android karena menutupi bagian halaman dari aplikasi tersebut, mungkin satu-satunya cara adalah dengan memblokir iklan yang ada. Namun cara tersebut bisa sukses jika ponsel Android anda telah di-root.

Namun seorang developer bernama Julian Klode membuat aplikasi yang mirip dengan NetGuard dan AdGuard yang memungkinkan penggunanya untuk bisa blokir iklan di Android tanpa root terlebih dahulu.

Nah ingin tahu cara menggunakannya? Yuk ikuti langkah-langkah blokir iklan di Android tanpa Root dari Tim Telset.id berikut ini.

Pertama, hal yang harus diperhatikan adalah, cara ini bisa sukses jika ponsel Android yang digunakan menggunakan versi Android 5.0 Lollipop ke atas. Satu lagi, aktifkan opsi Unknown Sources pada Settings ponsel Android anda.

Install DNS66

Aplikasi ini akan memblokir semua iklan pada aplikasi. Hebatnya, DNS66 mampu berjalan dengan sangat baik pada perangkat yang belum di-root. Untuk menggunakannya, unduh APK dari aplikasi ini di F-Droid Repository. Tenang, situs ini aman kok.

Jika sudah masuk, scroll ke bawah hingga menemui bagian Packages. Kemudian pilih link yang bertuliskan Download APK. Selanjutnya, jika proses unduh APK tersebut selesai, tekan data APK tersebut untuk mulai proses pemasangan.

Pilih Domain Filters

Jika anda sudah menjalankan aplikasi tersebut pertama kalinya, anda akan menemui panduan untuk mengatur aplikasi ini. Jika tidak ingin mengikuti panduannya, kami akan menjelaskannya secara singkat.

Untuk memulainya, pilih Domain Filters yang ada di bagian bawah layar. Di sini, anda harus memilih setidaknya satu file host dari ad-blocking yang ada pada daftar agar DNS66 tahu server iklan seperti apa yang ingin diblokir.

Sebagai rekomendasi, pilih Adaway Hosts File. Cara memilihnya adalah dengan menekan tombol warna merah di sebelah kiri tiap daftar tersebut. Jika file hosts tersebut sukses diaktifkan, maka warnanya akan berubah menjadi hijau.

Aktifkan VPN Service

Selanjutnya adalah masuk kembali ke bagian Start / Stop yang ada di bagian bawah layar, kemudian tekan tombol Refresh yang ada di atas layar. Di sini, akan terlihat notifikasi yang menyebutkan bahwa file hosts sedang diunduh, jadi tunggu hingga selesai.

Jika sudah, tekan dan tahan ikon Power yang tepat berada di tengah layar untuk mengaktifkan VPN Service, kemudian tekan OK pada halaman popup yang muncul.

Coba Jalankan Aplikasi

Jika sudah, maka iklan akan diblokir dari aplikasi hanya dengan menggunakan aplikasi ini. Cobalah untuk menggunakan aplikasi apapun yang biasanya menghadirkan iklan ketika kita menggunakannya. Berikut contoh gambar aplikasi yang sukses diblokir iklannya:

DNS66 juga memiliki keunggulan lainnya yakni menghemat konsumsi baterai ponsel dibanding aplikasi lainnya. Kami membandingkannya dengan aplikasi serupa yakni AdGuard.

DNS66 bahkan tidak masuk ke daftar aplikasi dengan konsumsi pemakaian baterai tertinggi, sedangkan AdGuards masuk di posisi teratas. (FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI