Awas! Malware Ghost Push Makin Ganas Serang Android

Telset.id, Jakarta – Tahun lalu, salah satu perusahaan keamanan memperingatkan adanya Trojan model baru yang disebut Ghost Push. Ghost Push merupakan malware yang sangat berbahaya karena dalam jangka waktu satu bulan saja, malware ini berhasil menginfeksi hampir 1 juta smartphone Android.

Setahun berlalu, Ghost Push ini ternyata semakin berkembang dan sudah menginfeksi lebih dari 50% smartphone Android yang ada saat ini. Virus tersebut menyerang smartphone yang berjalan di versi Android 5.0 Lollipop. Artinya ada sekitar 57% perangkat Android yang masih berjalan di versi Android 5.1 Lollipop ke bawah yang bisa terkena dampak dari malware ini.

[Baca Juga: Android Anda Banyak Virusnya? Begini Cara Menghapusnya!]

Penularan malware tersebut semakin meluas karena memanfaatkan Aptoide yang merupakan toko online seperti Google Play Store yang menyediakan berbagai aplikasi. Nah malware tersebut masuk lewat aplikasi versi palsu dari aplikasi asli yang diunduh oleh pengguna Android. Diantara berbagai aplikasi, ada juga aplikasi terkenal seperti Amazon, Smart Touch, Assistive Touch, Sper Mario, dan game lainnya. Total ada 93 aplikasi dan game.

Setelah smartphone terinfeksi, Ghost Push kemungkinan besar akan memulai infeksinya dengan memunculkan iklan yang tak diinginkan serta menginstall aplikasi berbahaya lainnya yang bisa saja mencuri data penggunanya.

Satu-satunya cara untuk mencegah Ghost Push masuk ke smartphone Android adalah dengan tidak menginstal aplikasi secara sembarangan apalagi dari situs yang tidak terpercaya. Hati-hati ya! (FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI