Samsung akan Produksi Chipset Snapdragon 830

Telset.id, Jakarta – Meski belum banyak, namun dalam beberapa minggu terakhir ini rumor tentang Samsung Galaxy S8 sudah mulai muncul. Yang menarik, sebuah rumor yang dihembuskan menyebutkan bahwa chipset Snapdragon 830 akan diproduksi oleh Samsung. Lantas bagaimana dengan Qualcomm?

Rumor ini cukup menarik, karan kabarnya Samsung baru saja menandatangani kesepakatan kerjasama dengan Qualcomm untuk menjadi rekanan eksklusif yang menjalankan proses produksi dari Snapdragon 830. Qualcomm disebutkan tertarik untuk memanfaatkan teknologi 10nm terbaru milik Samsung.

Nantinya, chip akan diproduksi menggunakan proses 10nm dari Samsung. Proses ini akan dikembangkan secara bersama oleh kedua perusahaan, dimana mereka memanfaatkan teknik baru bernama FoPLP (Fan-out Panel Level Package), untuk menghilangkan kebutuhan pemakaian papan sirkuit yang telah dicetak.

Dengan cara ini, maka ongkos produksi akan bisa lebih ditekan dan proses pengintegrasian port I/O akan lebih mudah, juga mempertipis ketebalan chip. Selain itu, teknologi baru ini juga akan lebih mengoptimalkan penghematan energi.

Samsung disebutkan juga akan menggunakan teknologi yang sama untuk memproduksi chip Exynos 8895. Dengan begitu, selisih performa antara Snapdragon 830 dengan Exynos 8895 akan tidak terlalu jauh.

Sementara itu, tak mau kalah dengan Samsung, produsen chipset asal China yang menjadi rekanan Apple, yakni TSMC dikabarkan juga akan segera menjalankan fasilitas produksi 10nm untuk menyaingi Samsung. Teknologi ini akan mulai diterapkan untuk memproduksi chip Ax series milik Apple. [HBS]

 

SourceGSMArena

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI