Dijual Rp 12 Juta, Harga iPhone 7 Sebenarnya Cuma Rp 2,8 Juta

Telset.id, Jakarta – iPhone 7 dibanderol seharga Rp 12 juta dirilis pada awal bulan ini. Meski harganya sangat menguras kantong, namun smartphone andalan Apple itu tetap diserbu pembali. Tapi sebenarnya berapa harga iPhone 7 jika dihitung dari biaya produksinya?

Harga sebuah smartphone tentulah bergantung pada spesifikasi dan teknologi yang diusungnya. Dengan spesifikasi tinggi dan fitur-fitur berteknologi tinggi, iPhone 7 memang layak dibanderol dengan harga selangit. Tapi sejatinya, “harga” iPhone 7 sebenarnya tidak semahal itu.

[Baca Juga: Wah, iPhone 7 Lebih Ngebut dari MacBook Air]

Menurut IHS Market, untuk memproduksi sebuah iPhone 7, Apple diperkirakan hanya membutuhkan biaya sekitar USD 220 atau Rp 2,8 jutaan. iPhone 7 yang dimaksud adalah versi standar, jadi untuk versi yang lebih tinggi, kemungkinan biaya produksinya juga semakin tinggi.

Komponen yang paling mahal adalah panel layar yang menelan biaya USD 43 atau sekitar Rp 565 ribuan, diikuti dengan modem intel dan chip baseband lainnya dengan biaya USD 33.90 atau Rp 446 ribuan, dan chipset A10 Fusion yang dihargai USD 26.90 atau Rp 353 ribuan.

Harga disini juga masih belum tentu akurat 100%, karena bisa saja Apple mendapatkan diskon karena memesan dengan jumlah yang banyak.

[Baca Juga: iPhone 7 Jadi Pemimpin Baru di AnTuTu Benchmark]

Tapi perlu dicatat, bahwa estimasi biaya tersebut belum termasuk biaya yang harus dikeluarkan Apple, seperti untuk biaya pengembangan (R&D) desain, pemasaran/ promosi, dan lainnya. (FHP/HBS)

SourceUbergizmo

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI