Jack Headphone di MacBook Juga akan Dihilangkan?

Telset.id, Jakarta – Apple memutuskan untuk menghilangkan port jack headphone 3,5mm di iPhone 7 dan 7 Plus. Keputusan ini menuai banyak kontroversi karena Apple seperti “memaksa” pengguna untuk memilih headphone nirkabel atau menggunakan kabel adaptor. Tapi bukan Apple namanya jika tak berani membuat terobosan dengan membuang fitur yang dianggap kuno.

Meski dianggap sebuah keputusan yang berbau spekulasi, namun pihak Apple memiliki alasan kenapa mereka menghilangkan jack headphone. CEO Apple Tim Cook mengakui butuh “keberanian” untuk melakukannya, dan mengatakan bahwa jack 3.5mm adalah metode usang yang sudah waktunya dipensiunkan.

Apple memang memiliki reputasi sebagai perusahaan yang berani dalam mengambil keputusan menghilangkan metode yang dianggap sudah usang. Jika Anda masih ingat, Apple secara mengejutkan mengganti floppy disk dengan drive CD, meski saat itu floppy disk masih sangat populer.

Dan kini Apple telah menghilangkan jack headphone di iPhone. Melihat reputasi Apple selama ini, maka bukan tak mungkin Apple juga akan melakukan hal serupa (menghilangkan jack audio) di MacBook dan produk Apple lainnya.

[Baca juga: Selain Keren, Ini 7 Kegunaan Lain dari AirPods]

Spekulasi ini dipicu dengan sebuah survey yang dilakukan Apple untuk mengetahui kebiasaan pelanggan menggunakan produk-produknya. Salah satu pertanyaan yang diajukan Apple adalah, “apakah pengguna pernah menggunakan headphone jack di MacBook Pro dengan Retina Display?”.

Tapi jikapun Apple benar akan menghilangkan jack headphone, kemungkinan tidak akan dilakukan pada seri MacBook Pro berikutnya. Sejumlah bocoran yang beredar sebelumnya mengindikasikan MacBook Pro masih akan memiliki port jack headphone.

[Baca juga: Wah, iPhone 7 Lebih Ngebut dari MacBook Air]

Namun banyak yang meyakini jack headphone di MacBook hanya tinggal menunggu waktu saja untuk dihilangkan. Apalagi Apple dikenal sangat berani membuang fitur-fitur yang dianggap ‘usang’.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI