Airbag Akibatkan Kematian, GM Tarik 4 Juta Mobil dari Peredaran

Telset.id, Jakarta – Samsung sepertinya tidak menjadi satu-satunya perusahaan yang harus menarik kembali produk buatannya dari peredaran. Baru-baru ini, General Motors Co juga dikabarkan telah melakukan hal serupa. Perusahaan yang berbasis di Detroit, Amerika Serikat ini menarik kembali lebih dari 4 juta kendaraan, sebagian besar di AS, untuk memperbaiki software kantong udara yang diduga cacat dan telah menelan korban jiwa.

Kendaraan yang ditarik kembali itu semuanya merupakan buatan tahun 2014-2017, dan meliputi model dari Buick, Chevrolet, GMC dan Cadillac.

Total, ada sekitar 4.280.000 kendaraan di seluruh dunia yang ditarik perusahaan, termasuk 3,6 juta di AS, lapor Mashable, Sabtu (10/9).

GM mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dalam kasus yang jarang terjadi, modul penginderaan dan diagnostik mobil – sebuah komputer kecil yang merasakan apa yang dilakukan kendaraan dan mengontrol penyebaran kantong udara – dapat masuk ke test mode.

Jika itu terjadi, kantung udara depan tidak akan mengembang dalam kecelakaan dan sabuk pengaman pre-tensioner kemungkinan tidak mengikat penumpang dengan tepat untuk membantu mencegah cedera.

GM mengatakan akibat ‘kecacatan’ ini telah menyebabkan setidaknya satu kematian dan tiga luka-luka.

Perusahaan belajar dari masalah yang timbul pada bulan Mei 2014 lalu, ketika sebuah Chevrolet Silverado jatuh dan kantong udaranya tidak terbuka. GM memberitahu Delphi Corp, pemasok yang membuat modul. Kedua perusahaan menguji modul dan memutuskan untuk menarik kembali kendaraan pekan lalu.

The National Highway Traffic Safety Administration mengumumkan penarikan kembali pada Jumat. General Motors Co akan memberitahu pelanggan dan memperbarui perangkat lunak secara gratis. GM mengatakan dealer sudah memiliki akses ke pembaruan perangkat lunak sehingga mereka dapat memperbaiki kendaraan dengan cepat.

Penarikan kembali ini meliputi 3.6 juta kendaraan, termasuk 2014-2016 Buick LaCrosse, Chevrolet SS, Chevrolet Spark EV; 2014-2017 Buick Encore, GMC Sierra 1500, Chevrolet Corvette, Chevrolet Trax, Chevrolet Caprice police car dan Chevrolet Silverado 1500; 2015-2017 Chevrolet Tahoe, Chervrolet Suburban, Chevrolet Silverado HD, GMC Yukon, GMC Yukon XL, GMC Sierra HD, Cadillac Escalade dan Cadillac Escalade ESV. [IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI