Catat! Nokia Kembali dengan Smartphone Android Baru di Q4

Telset.id, Jakarta – Kabar gembira bagi para fans Nokia yang sudah lama menanti kembalinya “sang raja”. Yup, menurut informasi yang baru didapat, total 3 dari 4 smartphone Android baru Nokia, termasuk tablet, yang akan hadir menyapa kita di akhir tahun ini.

Konfirmasi hadirnya perangkat Nokia ini datang dari President of The Joint Management Team Nokia China, Mike Wang. Untuk peluncurannya, menurut Mike kemungkinan pada awal tahun 2017.

Kabarnya saat ini Nokia sedang mengerjakan beberapa ponsel premium yang dipersenjatai chipset Snapdragon 820 SoC dan layar QHD OLED 5.5 inchi dan 5.2 inchi yang masing-masing memiliki kamera 22.6 MP serta berjalan pada versi Android 7.0 Nougat.

[BACA JUGA: Inikah Ponsel Pertama Nokia Setelah Comeback]

Nokia bukanlah nama baru di industri ponsel. Perusahaan asal Finlandia pernah merajai pasar ponsel dunia di era tahun 90-an hingga awal tahun 2000-an. Hegemoni Nokia berakhir setelah munculnya era smartphone, karena kalah bersaing dengan Apple dan Samsung.

Pada awal Mei lalu, Nokia telah mengumumkan rencana untuk kembali ke pasar ponsel dunia. Langkah Nokia kembali ke pasar ponsel ini dimulai dengan pembentukan perusahaan baru – HMD Global Oy.

[BACA JUGA: Nokia is Back! Siap Hadirkan Smartphone Android]

Perusahan yang baru didirikan dan berbasis di Finlandia ini akan dipimpin Arto Nummela sebagai CEO, yang adalah seorang executive senior Nokia di masa lalu dan saat ini mengelola sebagian besar dari divisi ponsel Microsoft .

Nokia akan berada di dewan direksi HMD dan akan menetapkan standar untuk kinerja dan kualifikasi merek, untuk memastikan bahwa semua produk Nokia harus sesuai dengan harapan konsumen terhadap perangkat Nokia, termasuk kualitas, desain dan inovasi yang berfokus pada konsumen.

HMD akan menyuntikkan dana USD 500 juta untuk pemasaran global selama tiga tahun ke depan. Dana tersebut akan digunakan untuk merevitalisasi nama Nokia, yang beberapa tahun belakangan ini mati suri.

Nokia nampaknya ingin benar-benar siap tempur saat memutuskan kembali ke pasar ponsel. Beberapa “veteran” Nokia pun dipanggil pulang untuk membantu mengembalikan kejayaan perusahaan yang bermarkas di Finlandia itu.

[BACA JUGA: Kembali ke Pasar Ponsel, Nokia Rekrut Para ‘Veteran’]

Salah satu veteran yang dipanggil pulang adalah Pekka Rantala. Mantan SVP Marketing Nokia ini ditunjuk sebagai Chief Marketing Officer HMD Global Oy.

Nama Rantala sendiri sudah tak asing lagi bagi Nokia, karena selama 17 tahun ia menduduki beberapa jabatan penting di Nokia. Dia juga sempat bergabung dengan Rovio, developer game populer Angry Birds sebagai CEO pada tahun 2015.

[BACA JUGA: Foxconn Produksi Ponsel Nokia dengan Kamera dari Graphene]

Perangkat Android Nokia nantinya akan diproduksi dan didistribusikan oleh FIH Mobile, anak perusahaan dari Foxconn Technology yang dikenal sebagai rekanan manufaktur Apple dalam memproduksi iPhone dan juga iPad.[HBS]

SourceGSMArena

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI