Trotoar Pintar Ini Bisa Cegah Pemain Pokemon Go Tertabrak Mobil

Telset.id, Jakarta – Entah itu Anda hanya sekedar membalas sms, mengupdate status di media sosial, ataupun berburu Pokemon, bahaya serius tak bisa dipungkiri selalu menghantui seorang pejalan kaki. Khususnya, ketika mereka tanpa sengaja salah melangkah. Sebab itu, sebuah proposal untuk membuat lampu lalu lintas yang tertanam di trotoar bisa saja menjadi splusi.

Ya, adalah Büro North, perusahaan desain yang baru-baru ini mengungkapkan ide jeniusnya untuk membuat trotoar cerdas itu.

Diberi nama Smart Tactile Paving, trotoar ini akan mengingatkan pengguna SMS dan pemain Pokemon Go ketika mereka tanpa sengaja akan menerobos lampu merah. Panel bergelombang akan berbaring di depan trotoar penyeberangan, dan terdiri dari lampu LED yang menyala, merah dan hijau, untuk menunjukkan pada pejalan kaki apakah mereka bisa melanjutkan perjalanannya atau berhenti.

trotoar pintar

“Saat demam Pokemon melanda Melbourne, jumlah orang yang berkeliaran di jalan sambil melihat ponselnya cukup mengejutkan,” kata direktur perusahaan Australia itu, Soren Luckins. “Lampu di trotoar penyeberangan yang begitu umum di seluruh dunia dirancang agar masyarakat melihatnya, bukannya malah melihat ponsel.”

Idealnya, semua orang yang menggunakan ponsel memamng harus bertanggung jawab dan memperhatikan lingkungan mereka. Tapi kenyataan yang terjadi di lapangan adalah sebaliknya. Penelitian telah menunjukkan bahwa sekitar satu dari tiga orang terganggu oleh ponselnya ketika menyeberang jalan. Demikian dilaporkan Time, Jumat (29/7).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI