Hanya dengan File Gambar, Hacker Bisa Bobol iOS & Mac

Telset.id, Jakarta – Dibanding Android, sistem operasi iOS diklaim lebih aman dari serangan malware. Tapi jangan senang dulu. Belum lama ini seorang peneliti Cisco berhasil menemukan celah keamanan yang dapat dimanfaatkan hacker untuk membobol iOS dan Mac OS. Bahkan caranya sangat mudah, karena hanya butuh file gambar.

Seorang peneliti dari Cisco berhasil menemukan celah baru di iOS dan Mac OS ,yang dapat memungkinkan hacker mengakses ke penyimpanan internal dan mencuri password yang tersimpan di perangkat iOS atau Mac. Semua itu dapat dilakukan hanya dengan mengirim sebuah file gambar yang disisipi malware.

Tyler Bohan dari Cisco Talos menemukan bahwa format file TIFF yang bisa dikirim melalui MMS, email atau ditempatkan pada halaman web yang diarahkan agar diklik oleh korban. Hacker bisa menyembunyikan malware yang bisa berjalan secara otomatis, dan tanpa terdeteksi apapun.

Selain bisa dengan cara melewati proses otentifikasi di iOS, Mac OS X, tvOS dan watchOS, celah ini juga bisa memungkinkan hacker untuk mengontrol dari jarak jauh Mac yang tidak mendukung sandboxing.

[Baca juga: Rupa-rupa Ransomware dan Modus Serangannya]

Untungnya, masalah ini telah dibenahi oleh Apple. Tapi tetap aman, Anda harus memperbarui sistem operasi ke versi terbaru, yakni iOS 9.3.3, El Capitan 10.11.6, tvOS 9.2.2 dan watchOS 2.2.2.

Jika Anda pernah membaca informasi sebelumnya, celah keamanan ini mirip seperti malware Stagefright yang pernah ditemukan pada perangkat Android tahun lalu. So, buat pengguna iOS dan Mac OS, harus waspada dan segera update OS ke versi yang dianjurkan tadi. [HBS]

 

SourceTNW

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI