Cara Mudah Memperbaiki Keyboard PC yang Rusak

Telset.id – Satu tombol saja yang rusak pada keyboard PC, maka akan membuat Anda menjadi kerepotan. Contohnya, saat menulis sebuah dokumen, jika tombol “N” rusak, maka Anda tidak bisa menulis kata-kata yang mengandung huruf N kan?

Nah karena itulah Tim Telset.id akan memberikan tips untuk para pembaca cara memperbaiki tombol keyboard yang rusak. Simak tipsnya berikut ini:

Pertama, jika keyboard kita tidak memiliki tombol angka yang terpisah, periksa tombol Num Lock. Mungkin saja tombol ini aktif sehingga beberapa tombol tidak akan berfungsi. Jika tidak, mungkin ada sesuatu yang berada di bawah tombol rusak tersebut. Jika ya, kita harus segera mengeluarkan sesuatu tersebut.

Jika keyboard tersebut adalah keyboard eksternal, balikkan keyboardnya dan tekan dengan lembut bagian belakang. Jika tidak berhasil, bawa penjepit kertas dan ambil sesuatu yang ada di bawah tombol yang rusak. Namun cara ini jangan dilakukan pada keyboard laptop.

Jika tidak ada satupun cara yang sudah disebutkan tadi berhasil atau masalahnya keyboard yang rusak adalah keyboard laptop (built-in), gunakan kompresi udara untuk meniup apapun yang ada di bawah tombol yang bermasalah. Harga dari kompresi udara berkisar USD 4 (sekitar Rp 52 ribuan), dan pastikan kompresi yang dibeli memiliki sedotan yang sangat tipis.

0721-air-can-100670345-large

Jika tidak berjalan dengan baik juga, cobalah untuk melepas tombol tersebut. Cara ini bisa dilakukan pada keyboard eksternal atau keyboard laptop. Caranya adalah gunakan obeng kecil minus untuk membongkar tombol dari keyboard. Masukkan ujung obeng di bawah tombol rusak dan putar dengan perlahan agar tombol tersebut lepas.

0721-remove-key-100670344-large

Ketika tombol sudah terlepas, kita bisa membersihkan bagian yang rusak tersebut. Untuk mengembalikannya, simpan kembali tombol di tempat semula dan tekan.

0721-removed-key-100670347-large

Jika cara yang terakhir tidak berfungsi juga, maka memang keyboard anda sudah rusak dan pertimbangkan untuk membeli keyboard lalu. Hal ini mudah dilakukan untuk keyboard eksternal. Namun untuk keyboard laptop, segeralah menuju ke tempat service terdekat yang profesional untuk membetulkannya.[FHP/HBS]

SourcePCWorld

1 KOMENTAR

  1. Laptop saya tidak berfungsi huruf ‘Y” terus pake keyboard luar huruf tersebut (Y) bisa keluar tapi sebelumnya apa yang di saranken sudah saya coba salah satu nya membuka huruf tersebut dan sudah coba bersihkan tapi masih tetap huruf tersebut tidak berfungsi. Saya minta saran lebih lanjut ! Terima kasih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI