Socmed & IM Dongkrak Trafik Data XL Saat Lebaran

Telset.id, Jakarta –  Operator seluler XL mengungkapkan layanan social media dan instan messaging (IM) semakin menjadi sarana utama masyarakat dalam bersilaturahmi Lebaran. Hal itu terlihat dari meningkatnya trafik layanan data XL hingga 130% dibanding tahun lalu.

Total trafik pengguna layanan data menunjukkan pemakaian terbesar adalah untuk melakukan streaming, yaitu sebesar 40% dari total layanan. Lalu berikutnya web browsing 22%, serta akses ke social media 21%.

Trafik penggunaan social media mencapai lebih dari 300 TB, atau meningkat 32% dibandingkan hari normal tahun ini. Sementara penggunaan IM mencapai 38 TB, atau 33% dibanding hari normal. Secara keseluruhan, trafik data meningkat sekitar 130% dibanding Lebaran tahun sebelumnya.

“Seperti yang sudah kami prediksi sebelumnya, social media dan instant messaging akan semakin banyak dipakai untuk bersilaturahmi saat Lebaran,” kata Direktur/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya dalam keterangan pers yang diterima Telset.id, Jumat (8/7/2016)

Menurutnya, masyarakat termasuk pelanggan XL akan semakin membutuhkan layanan data untuk bisa mengekpresikan dirinya dalam merayakan Lebaran. “Jadi tidak heran jika angka upload dan download material foto dan video juga meningkat,” ujarnya.

Meningkatnya penggunaan layanan data tersebut juga dipengaruhi oleh meningkatnya kecenderungan pelanggan untuk memanfaatkan layanan telepon berbasis data, yakni layanan VoIP (Voice over Internet Protocol).

Penggunaan layanan VoIP mencapai 17,5 TB, meningkat sebesar 121% dibandingkan hari biasa tahun ini. Termasuk dalam layanan VoIP ini diantaranya Google Talk, Kakao talk, WhatsApp call, BlackBerry call, Skype dan sebagainya.

Trafik layanan social media Facebook, Instagram, Path, Twitter, serta Line meningkat cukup signifikan. Untuk trafik Facebook sebesar 127,4 TB atau naik 19% dibandingkan hari biasa. Instagram 123,4 TB (naik 32%), Path (naik 53%), Twitter (naik 40%), dan Line (naik 32%). Sementara WhatsApp naik 24% dibanding hari biasa, sedangkan BBM relatif stabil.

Yessie mengungkapkan, dalam 4 tahun terakhir terjadi pergeseran konsumsi layanan telko untuk berkomunikasi masyarakat di Indonesia. “Masyarakat semakin suka memanfaatkan layanan data dibandingkan dengan layanan voice atau layanan SMS,” jelas Yessie.

Sementara itu, berdasarkan lokasi, kenaikan trafik layanan data tertinggi selama periode Lebaran dibandingkan periode hari-hari biasa, terjadi di wilayah-wilayah yang menjadi tujuan mudik di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Wilayah Tegal dan sekitarnya mengalami kenaikan tertinggi sebesar 53%, disusul daerah Sampang, Sumenep, Pamekasan (45%), Purwakarta (40%), Indramayu (36%), serta wilayah Lebak dan Pandeglang sebesar 32%.

Data XL juga menunjukkan kenaikan trafik yang tinggi di area-area jalur mudik yang menjadi titik kemacetan parah. Salah satunya di wilayah Brebes, yakni di exit toll Brebes Timur, dengan kenaikan trafik data mencapai 120%. Sementara layanan suara meningkat 100% dibandingkan trafik hari biasa.

“Untuk luar Jawa, kenaikan trafik percakapan tertinggi  terjadi di wilayah Sumatra, yakni meningkat sebesar 52% dibandingkan hari-hari biasa,” tuturnya.

Untuk layanan SMS, peningkatan trafik terjadi di beberapa wilayah. Kenaikan trafik SMS tertinggi terjadi di wilayah regional Central (Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY) sebesar 26%, wilayah regional West (Sumatra) sebesar 23%, serta wilayah regional East (Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat) sebesar 17%.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI