Dijegal di App Store, Spotify Tuding Apple Takut Bersaing

Telset.id, Jakarta –  Sebagai layanan musik streaming yang telah lebih dulu mapan, Spotify merasa tak gentar dengan kehadiran Apple Music sebagai pesaing baru. Namun ternyata ada satu hal yang mengganggu buat Spotify, yakni Apple dianggap tidak mau bersaing secara fair.

Spotify menuding Apple dengan sengaja mempersulit mereka untuk bersaing secara sehat. Dalam surat yang dikirimkan kepada Apple minggu lalu, Spotify mengatakan Apple telah ‘merugikan Spotify dan pelanggannya’ karena menolak update untuk aplikasi Spotify di iOS.

Surat dari Spotify itu mengungkapkan, bahwa Apple menolak permintaan update aplikasi Spotify karena mereka diwajibkan menggunakan sistem tagihan iTunes bila Spotify ingin menggunakan aplikasi iOS untuk memperoleh pelanggan baru dan menjual paket berlangganan.

Surat yang dikirim oleh penasihat hukum Spotify, Horacio Gutierrez, ke pengacara Apple Bruce Sewell pada 26 Juni itu, menunjukkan bahwa Spotify berniat menggunakan masalah ini sebagai amunisi mereka menggugat aturan Apple yang mengatur layanan berlangganan di App Store.

“Episode terbaru ini menimbulkan keprihatinan serius di bawah hukum AS dan Uni Eropa. Apple ingin mengurangi daya saing Spotify di iOS, sebagai rival Apple Music. Pola seperti ini terus dilakukan Apple sebagai bentuk anti-persaingan yang sudah mereka lakukan sebelumnya. Apple menggunakan proses persetujuan App Store sebagai senjata untuk membunuh pesaingnya,” tulis Gutierrez.

Spotify telah mengirimkan salinan surat untuk beberapa anggota Kongres di Washington DC. Beberapa waktu lalu, Senator Elizabeth Warren mengkritik Apple, Amazon dan Google telah menjalankan apa yang disebutnya sebagai praktek anti persaingan.

Warren mengatakan bahwa Apple telah lama menggunakan kontrol dari iOS untuk menekan kompetisi di dunia musik (streaming). Bagaimana menurut Anda, apakah Apple anti persaingan? [HBS]

 

 

SourceRecode

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI