Seluk Beluk Memilih Kartu MicroSD Terbaik

Telset.id – Seperti kita cari tahu setiap kali produsen utama memutuskan untuk merilis ponsel flagship tanpa slot microSD seperti seri  Galaxy S6, maka para penggemar smartphone Android sudah pasti kurang bergairah. Akan tetapi buat pengguna yang memiliki flagship ada slot microSD, sudah pasti akan tertarik ulasan ini.

Kalau diperhatikan karti microSD memiliki kinerja berdasarkan pada kelas dan kecepatan, serta kemampuan telepon Anda. Di sini, kami memberitahu Anda segala sesuatu yang perlu Anda ketahui untuk membantu Anda memilih kartu microSD terbaik untuk perangkat Android Anda.

Pertama, Pastikan Perangkat Anda Mendukung Kartu MicroSD

Galaxy_S6_1

Sayangnya, tidak semua smartphone memiliki slot microSD, meski dibeberapa smartphone kapasitas memori internalnya sudah besar. Akan tetapi terasa konyol jikalau sebuah smartphone tidak memiliki slot kartu microSD.

Apa perbedaan antara SDHC dan micro SDXC?

Ketika membeli kartu microSD, Anda akan melihat ada tulisan micro SDXC mikro atau kartu SDHC. Perbedaan antara dua format microSD ini hanyalah jumlah data yang dapat disimpan. SDHC (Secure Digital High Capacity) menyimpan hingga 32GB data, sedangkan SDXC (Secure Digital Extended Capacity) memiliki 64GB dan di atas.

Banyak perangkat low-end tidak mendukung kartu microSD SDXC, jadi penting bahwa Anda memeriksa kompatibilitas ponsel Anda sebelum membeli. Kebanyakan kartu SDXC memiliki kapasitas 128GB, namun pada bulan Maret 2015, Sandisk mengungkapkan pertama di dunia kartu microSD SDXC dengan kapasitas 200GB.

Apakah ‘Kelas’ Berarti Pada Kartu MicroSD?

Yang satu ini penting. kartu MicroSD datang dalam beberapa kelas yang berbeda – Kelas 2, 4, 6 dan 10. Sementara angka-angka ini mungkin tidak berarti apa-apa untuk Anda. Untuk jelasnya nomer-nomer di atas menunjukan tingkat kecepatan transfer data. Misalkan, kelas 2 berarti kartu membaca dan menulis data pada 2MB/s, sementara Kelas 10 kartu melakukannya pada 10MB / s.

2016-06-29_121458

Memang angka ‘Kelas’ mencerminkan kecepatan minimal kartu. Namun, kartu berkualitas dapat berjalan lebih cepat dari ini, dengan beberapa contoh  terbaik dengan kecepatan membaca hingga 95 MB / s. Salah Satunya kartu microSD Sandisk Extreme Pro, yang dapat dibeli sebesar $ 33 di Amazon.com atau £ 34 di Amazon.co.uk .

Apa Arti UHS Pada Kartu MicroSD?

Sejak 2009, kartu microSD memiliki UHS-1 atau UHS-3. Sementara di UHS teori kartu dapat mencapai kecepatan transfer data hingga 312 MB / s, Anda realistis hanya mungkin untuk mencapai kecepatan transfer minimum yang tercantum di bawah ini, karena tidak ada smartphone saat ini mendukung standar UHS. Dengan demikian, UHS akan membuat sedikit perbedaan dengan kecepatan kartu micro SD Anda pada saat ini.

2016-06-29_121943

Apakah Kartu MicroSD Terbaik, Bisa Mempercepat Ponsel Anda?

Pertanyaan yang paling penting adalah apakah memilih satu kartu microSD akan meningkatkan kinerja pada ponsel Anda, Jawaban singkatnya adalah ‘Ya’.

Jika Anda menyimpan aplikasi dan foto pada kartu microSD, Maka kecepatan yang lebih tinggi pada kartu microSD akan menyimpan foto lebih cepat, meningkatkan kecepatan transfer data ketika memindahkan file antar perangkat, dan aplikasi yang disimpan pada Anda kartu microSD akan terbaca lebih cepat.

2016-06-29_122139

Perhatikan bahwa membuka aplikasi di kartu microSD mungkin sedikit lebih lambat daripada jika Anda menyimpannya di memori internal ponsel Anda, karena ada lapisan tambahan komunikasi antara telepon dan kartu micro SD yang perlu dilakukan.

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika membeli kartu microSD, dan mudah-mudahan panduan di atas akan memberikan gambaran ketika Anda hendak membeli. Anda juga bisa membeli merek terkemuka untuk kartu microSD, seperti SanDisk, Samsung dan Kingston. Terakhir, jika Anda melihat kartu microSD dari perusahaan lain yang lima kali lebih murah dari ini, maka Anda harus waspada terhadap kualitasnya. (MS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI