Diserang Indosat, Begini Jawaban Telkomsel

Telset.id, Jakarta – Beberapa hari ini suasana panas dirasakan oleh industri seluler, setelah munculnya kampanye marketing yang dilancarkan Indosat untuk menyerang tarif layanan Telkomsel. Bagaimana tanggapan Telkomsel setelah “ditoel” Indosat?

Seperti telah Indosat melakukan kampanye marketing dengan memperlihatkan foto-foto spanduk yang menyerang tarif layanan Telkomsel. Menurut Alexander Rusli, President Director dan CEO Indosat Ooredoo, hal itu merupakan bagian dari kampanye Below The Line (BTL).

Kampanye marketing yang terkesan negatif itu diakui oleh Alex sebagai reaksi atas persaingan yang dianggap tidak sehat di pasar saat ini.

[Baca juga: Indosat Tabuh Genderang Perang Tarif Operator]

Saat diminta tanggapannya soal “serangan” dari Indosat, Vice President Corporate Communications Telkomsel Adita Irawati mengatakan, bahwa sebagai operator telekomunikasi yang beroperasi hingga pelosok, perbatasan dan pulau terluar Indonesia, dalam menjalankan usahanya Telkomsel selalu patuh pada ketentuan yang berlaku.

“Telkomsel selalu berpegang pada prinsip tata kelola perusahaan yang baik dan patuh pada ketentuan yang berlaku. Selain itu dalam berkomunikasi kepada khalayak kami juga selalu berpegang pada norma dan etika serta menghormati pihak lain,” ujar Adita saat dihubungi Telset.id, Jumat (17/6/2016).

Adita mengungkapkan, bahwa kompetisi bisnis adalah hal yang biasa dan bahkan bisa membuat industri lebih sehat dan memberi manfaat bagi masyarakat luas. Akan tetapi kompetisi perlu dijaga agar tetap berpegang pada aturan dan etika sehingga tidak justru merugikan masyarakat.

Termasuk dalam hal ini, regulasi yang mengatur kompetisi harus bisa menciptakan iklim usaha yang adil (fair) dan disusun secara transparan. Regulasi harus bisa mendorong industri yang membuat harga layanan terjangkau tapi pada saat yang bersamaan, operator juga tetap sehat dan mampu membangun.

Terkait tarif layanan telpon Telkomsel, pelanggan prabayar dapat memilih paket yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan komunikasinya. Saat ini Telkomsel memiliki paket telpon TalkMania dan Jagoan Serbu yang merupakan paket telpon dengan harga murah, dan paket ini selama bertahun-tahun terbukti sangat diminati oleh pelanggan simPATI dan Kartu As.

“Informasi mengenai harga selalu diinfokan secara transparan sebelum pembelian paket, dan biaya pemakaian diinfokan langsung kepada pelanggan setelah melakukan panggilan, serta pelanggan juga bisa setiap saat mengecek biaya pemakaian,” terang Adita.

Demikian pula dengan layanan data, Telkomsel selalu memberikan berbagai pilihan paket sesuai kebutuhan pelanggan. Informasi mengenai harga paket juga selalu disampaikan kepada pelanggan sebelum melakukan transaksi pembelian.

Terkait soal adanya foto dan screen capture yang beredar mengenai aktivitas kompetisi di lapangan, pihak Telkomsel menyatakan akan mengecek soal keasliannya terlebih dahulu.

“Kami harus melakukan pengecekan terlebih dahulu mengenai keaslian materi tersebut. Apabila memang terbukti, maka akan dilakukan tindakan sesuai ketentuan  perusahaan,” tandas Adita.[HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI