Trio Asus ZenFone 3 Meluncur dengan Spek Lebih Gahar

Telset.id, Jakarta – Asus akhirnya mengumumkan smartphone flagship anyarnya ZenFone 3 dalam tiga varian, yakini Zenfone 3 Deluxe, Zenfone 3 Ultra dan Zenfone 3. Ketiga perangkat ini hadir dengan desain lebih bagus dan spek lebih gahar dari pandahulunya.

Asus memang tidak sepopuler Samsung atau Apple. Tetapi perusahaan asal Taiwan ini memiliki reputasi bagus di pasar kelas mid-range, lewat smartphone seri ZenFone yang menawarkan spesifikasi tinggi, namun dengan harga yang relatif terjangkau.

Tiga smartphone baru Asus ini membidik pengguna dengan segmen yang berbeda, berdasarkan spesifikasi dan fitur yang diusungnya. Satu hal yang menarik, Asus mencoba menjangkau pasar yang lebih luas lewat ZenFone 3 Deluxe, yang membidik segmen high-end.

Zenfone 3 Deluxe

Asus Zenfone 3 Deluxe

Asus mengklaim ZenFone 3 Deluxe sebagai smartphone all-metal pertama dengan invisible antenna line. Dengan begitu, smartphone ini memiliki tampilan yang enak dilihat, karena tak ada lagi garis hitam pada panel belakang. Bodinya semakin cantik dengan desain metal yang sesuai untuk pasar top-end.

Sejalan dengan desainnya yang ciamik, ZenFone 3 Deluxe juga dibekali spesifikasi yang lumayan gahar. Smartphone ini memiliki layar 5.7-inch 1080p AMOLED dengan 100% NTSC color gamut. Sementara dapur pacunya menggunakan chipset Snapdragon 820 quad-core dengan Adreno 530 GPU, 6GB RAM.

Pada bagian kamera, ZenFone 3 Deluxe dibenamkan kamera belakang 23MP dengan sensor Sony IMX318 dan f/2.0 aperture lens and 4-axis OIS. Selain itu, Asus juga menambahkan fitur 3-axis EIS untuk 4K video recording yang lebih steady. Kamera ZenFone 3 Deluxe diklaim bisa fokus dalam waktu 0.03 detik, berkat Laser Focus generasi kedua, contrast detect focus dan PDAF.

Seperti smartphone high-end lainnya, Zenfone 3 Deluxe juga dilengkapi fingerprint sensor di bagian belakang, Quick Charge 3.0, USB Type-C, Hi-res Audio support dan five-magnet speakers. Asus meembanderol handset barunya ini seharga USD 499 atau Rp 6,8 jutaan. Harga yang relatif miring, jika melihat fitur-fitur yang dibawanya bukan.

ZenFone 3 Ultra

Asus Zenfone 3 Ultra

Jika Anda mencari perangkat smartphone berukuran super besar, perangkat kedua yang diluncurkan Asus ini bisa menjadi pilihan yang cocok. Ya, Zenfone 3 Ultra memiliki ukuran paling besar dibanding dua varian lainnya, yakni dengan display 6.8 inci 1080p. Phablet ini dilengkapi teknologi video Asus-exclusive Tru2Life+ yang menggunakan prosesor 4K UHD TV untuk video playback.

Pada dasarnya Zenfone 3 Ultra merupakan tablet dengan fungsi smartphone yang ditargetkan untuk kebutuhan hiburan. Hal itu dapat dilihat dari fitur yang ditawarkan, seperti 2 x five magnet stereo speakers, NXP smart amplifier, Hi-Res audio support dan virtual 7.1 Channel surround sound dengan DTS Headphone:X.

Zenfone 3 Ultra juga menggunakan desain full bodi metal tanpa antenna. Kameranya juga sama dengan ZenFone 3 Deluxe, yakni kamera utama 23MP di bagian belakang. Pada bagian dalamnya, smartphone ini ditanamkan chipset octa-core Snapdragon 652 dengan Adreno 510 dan 4GB RAM.

Phablet ini juga dilengkapi fitur fingerprint sensor yang diletakkan pada bagian depan di bawah layar. Sesuai bodinya yang bongsor, handset ini memiliki baterai dengan kapasitas yang cukup besar, yakni 4.600mAh dengan Quick Charge 3.0. Untuk harganya, ZenFone 3 Ultra dijual seharga USD 479 atau Rp 6,5 jutaan.

Zenfone 3

Asus Zenfone 3

ZenFone 3 merupakan varian paling murah dibanding dua varian lainnya, yakni ditawarkan pada harga USD 249 atau Rp 3,3 jutaan. Smartphone ini mengusung spesifikasi display 5.5 inci 1080p dengan 2.5D Gorilla Glass. ZenFone 3 menjadi smartphone pertama di dunia yang menggunakan chipset Snapdragon 625, penerus dari chip populer Snapdragon 617.

Chip ini diproduksi dengan proses FinFET 14nm, yang merupakan pertama untuk prosesor mid-range. Hal ini menunjukkan bahwa Qualcomm sedang mencoba untuk masuk ke pasar segmen mid-range dengan chipset baru ini.

Spesifikasi lainnya, jeroan ZenFone dipacu dengan 3 4GB RAM dan dilengkapi fingerprint sensor di bagian belakang perangkat. Sementara untuk kamera ada sedikit penurunan, dimana untuk kamera belakang hanya mengandalkan kamera 16MP.

Meski begitu, fitur lainnya tetap disertakan seperti Laser Focus, PDAF dan lainnya. ZenFone 3 digadang-gadang akan menjadi pesaing berat Moto G4 Plus.

Sayang, Asus masih belum mengungkap tentang ketersediaan dari ketiga smartphone barunya ini. Diharapkan Asus akan segera memberikan informasinya dalam waktu dekat, termasuk kapan akan masuk ke Indonesia.[HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI