Jelang Lebaran, Layanan Data Diprediksi Naik 80% Oleh Indosat

Telset.id, Surabaya – Melonjaknya trafik telekomunikasi menjelang Ramadhan dan libur panjang Lebaran telah diprediksi oleh semua operator seluler di tanah air, tak terkecuali Indosat Ooredoo. Indosat memperkirakan, kenaikan trafik akan terjadi pada layanan data dan voice, sementara SMS diprediksi turun.

“Kenaikan terbesar trafik layanan selama Ramadhan dan Lebaran akan terjadi pada layanan Data dan suara, yang masing-masing mencapai 80% dan 12%. Sementara untuk trafik layanan SMS kami prediksi cenderung turun, yakni 12% dari tahun lalu,” kata Achmad Abimanyu, Group Head Networks Operations Indosat Ooredoo di Surabaya, Senin (23/5).

Kenaikan trafik terutama akan terjadi di Pulau Jawa, khususnya Jawa Timur yang umumnya menjadi perhentian terakhir para pemudik.

“Dan itu biasanya terjadi di second city, seperti Malang, Bintan dan sebagainya,” tambah Division Head RAN and Design Optimization Indosat, Joko Riswadi.

Kapasitas jaringan Indosat telah ditingkatkan antara lain untuk kapasitas trafik suara menjadi 39 juta Erlang/hari, untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 4 Miliar SMS/hari, sementara untuk data, Indosat akan meningkatkan kapasitas menjadi 6.389 TeraByte/hari.

Selain meningkatkan kapasitas jaringan, Indosat juga akan mengerahkan dan menyebarkan mobile BTS, terutama untuk memperkuat jaringan di lokasi-lokasi yang diprediksi akan menjadi konsentrasi masyarakat menjelang Lebaran, termasuk jalur mudik dan lokasi wisata.

Sementara untuk layanan 4G LTE, Indosat akan menggunakan lebar pita 10 MHz pada spektrum 1800 Mhz dan 5MHz pada spektrum 900 MHz. 37 kota telah tercover 4G LTE Indosat di Indonesia dengan kecepatan hingga 185mbps.

Melayani sekitar 69,8 juta pelanggan, saat ini Indosat didukung oleh tak kurang 52.326 BTS (Base Transceiver Station, 2G/3G/4G) secara nasional. [IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI