Cara Cepat Hapus Virus di Smartphone

Telset.id – Apakah Anda merasa smartphone berjalan dengan kurang baik? Mungkin smartphone Anda terkena virus. Virus pada smartphone, khususnya yang berplatform Android biasanya “hadir” ketika kita sembarangan menginstall aplikasi pihak ketiga. Ingin tahu cara menghapusnya? Nih Tim Telset.id berikan caranya.

Langkah Pertama
android_enter_safe_mode_step_1_thumb800

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan masuk ke Safe Mode smartphone kita. Dengan cara ini, kita bisa mencegah aplikasi pihak ketiga yang berjalan, termasuk juga malware. Untuk masuk ke Safe Mode, caranya adalah dengan menekan tombol Power untuk mengakses opsi Power Off, kemudian tekan dan tahan Power Off untuk memunculkan opsi restart ke Safe Mode (cara untuk kebanyakan smartphone).

Namun jika cara ini tidak berhasil, kami sarankan untuk mencari di Google “Bagaimana masuk ke Safe Mode [nama model ponsel atau tablet]” dan ikuti petunjuknya. Ketika masuk ke mode ini, Anda akan melihat tulisan Safe Mode di pojok kiri bawah layar.

Langkah Kedua
find_android_malware_step_2_thumb800

Buka Settings dan pilih Apps, kemudian pastikan masuk ke tab Downloaded. Jika Anda tidak tahu nama virus yang menginfeksi smartphone kesayangan, coba terus cari di daftar tersebut dan lihat apakah terdapat Dodgy Android Virus atau aplikasi yang Anda tidak merasa menginstallnya yang berjalan pada perangkat.

Langkah Ketiga
uninstall_android_virus_step_3_thumb800

Pilih aplikasi berbahaya tersebut (di sini kami hanya mencontohkan Dodgy Android Virus saja, jadi bisa juga terdapat aplikasi berbahaya lainnya) untuk masuk ke halaman App info lalu klik Uninstall. Pada kebanyakan kasus, ini adalah solusi ampuh untuk menghilangkannya, tapi ada juga tombol Uninstall tersebut tidak muncul atau tidak bisa ditekan. Itu karena virus memberi dirinya sendiri status Administrator pada ponsel Anda.

Langkah Keempat
device_administrators_step_4_thumb800

Keluar dari menu Apps dan pilih Settings > Security > Device Administrators. Di sini Anda akan menemukan daftar aplikasi yang memiliki status administrator. Klik saja aplikasi yang ingin dihapus, kemudian pilih Deactivate. Jika sudah ulangi proses pada langkah sebelumnya. Jika semua proses telah dilakukan, sekarang restart ponsel Anda untuk keluar dari Safe mode.

Hal terpenting yang harus Anda ingat adalah jangan sembarangan menginstall aplikasi pihak ketiga. Sebaiknya install aplikasi yang benar-benar terpercaya agar ponsel atau tablet tidak terkena virus lagi. [FHP/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI