Downloader Spesialis uTorrent Perlu Ikuti Cara Ini

Telset.id – Mengunduh film, musik, game, atau yang lainnya menggunakan uTorrent sangat berbeda caranya dibanding dengan mengunduh data di browser. Cepat atau lambatnya proses unduh di uTorrent dipengaruhi oleh banyak faktor seperti berapa banyak seeders (orang yang mengunggah data) dan berapa banyak data yang diunggah (seeded), dll.

Well, bagaimana Anda bisa melakukan itu semua? Tim Telset.id akan memberikan cara untuk memaksimalkan kecepatan unduh Anda saat menggunakan uTorrent. Sebelum mulai, kami akan memberikan informasi mengenai istilah-istilah di uTorrent.

Seeders adalah orang yang telah selesai mengunduh data, dan berubah menjadi orang yang membagikannya kepada yang masih dalam proses pengunduhan.

Peers: dikenal dengan Leechers adalah orang yang masih dalam proses pengunduhan. Sama halnya dengan Seeders, Peers juga membagikan data ke orang lain namun bedanya mereka hanya membagikan data yang telah diunduh sebelumnya.

Cara 1: Tingkatkan Seeders dengan Menambah Trackers

Seeders dan peers merupakan faktor penting yang mempengaruhi kecepatan download kita. Dengan banyaknya seeders dan peers yang tersedia, maka semakin cepat kita mengunduh data. Trackers merupakan bantuan untuk memberikan seeders dan peers data-data tertentu, jadi semakin banyak trackers yang dimiliki, maka semakin besar kesempatan menemukan seeders dan peers. Anda dapat secara manual menambahkan trackers di uTorrent dengan menyalin daftar trackers di dalam daftar public trackers di 2015.

Sekarang, klik kanan pada data yang sedang diunduh, dan pilih Properties. Di bawah kolom Tracker, tempelkan semua trackers yang telah di salin dan klik OK.

speed-up-utorrent-downloads (1)

speed-up-utorrent-downloads (2)

Cara 2: Alokasikan Bandwidth Lebih

Jika terdapat data penting yang harus cepat selesai proses unduhnya, Anda dapat mengalokasikan bandwidth lebih untuk data tersebut. Caranya adalah:

  1. Klik kanan data tersebut dan pilih opsi Bandwidth Allocation
  2. Pilih High

speed-up-utorrent-downloads (3)

Sekarang, pilih data lainnya yang sedang diunduh namun pilih opsi Low. Alokasi bandwidth ini berguna bagi yang sedang ingin proses unduh cepat selesai.

Cara 3: Ganti Pengaturan Bandwidth

Untuk menggantinya, klik Options dan pilih Preferences. Pada halaman ini pilih opsi Bandwidth untuk mulai mengubah pengaturannya.

  1. Maximum upload rate: 14
  2. Maximum download rate: 1800
  3. Global maximum numbers of connections: 2329
  4. Maximum number of connected peers per torrent: 2357
  5. Number of upload slots per torrent: 14

speed-up-utorrent-downloads (4)

speed-up-utorrent-downloads (5)

Cara 4: Terhubung Langsung dengan Seeds

Terkadang firewall bisa mendapatkan akses ke proses seeding sehingga tidak dapat menerima data dari seeders. Anda tidak perlu mengkonfigurasi engaturan firewall dari seeder, Anda bisa mengizinkan klien uTorrent untuk langsung menerima data dengan menghindari firewall apapun. Caranya adalah:

  1. Klik Options dan pilih Preferences
  2. Sekarang pilih opsi Connections dab pastikan mengaktifkan Enable UPnP port mapping

Dengan cara ini firewall tidak dapat berkutik dan Anda langsung terhubung dengan seeder.

speed-up-utorrent-downloads (1)

Cara-cara tersebut adalah cara yang sederhana dan dapat meningkatkan kecepatan unduh Anda. Namun, saat mulai proses pengunduhan, cek kembali apakah paket data masih mencukupi?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI